Pages

Arti Warna Dari Berbagai Pandangan


Kali ini Fabian Studio akan memberikan beberapa pandangan untuk memaknai sebuah Warna. Dimana Warna ini merupakan elemen yang penting untuk Usaha Anda.
Makna warna menurut Kompas :

Biru
Arti: kesetiaan, ketenangan, sensitif dan bisa diandalkan.
"Biru memiliki arti stabil karena itu adalah warna langit," kata Eisman. Meski langit kelabu dan akan hujan, kita tahu di atas awan-awan itu warna langit tetaplah biru.

Kapan dipakai: Biru tua lebih cocok untuk acara formal atau seragam, sementara biru muda untuk yang sifatnya non formal. "Untuk memberi kesan humor dan kreatifitas, cobalah campuran warna biru dan ungu," kata Eisman.

Keabu-abuan
Arti:
Serius, bisa diandalkan dan stabil
Warna abu-abu adalah warna alam. Di luar sana warna abu-abu merupakan warna yang permanen, misalnya batu atau karang.

Kapan dipakai: "Abu-abu adalah warna yang kuat dan praktikal," kata Eisman. Saat wawancara kerja, pilih busana warna ini untuk menunjukkan Anda orang yang bertanggung jawab. Tapi bila warna ini dipakai dari atas hingga ke bawah Anda akan dianggap orang yang membosankan. Beri sentuhan warna lain, misalnya atasan bercorak, sepatu cantik, atau anting-anting yang manis.

Merah muda
Arti:
Cinta, kasih sayang, kelembutan, feminin
Warna yang disukai banyak wanita ini menyiratkan sesuatu yang lembut dan menenangkan, tapi kurang bersemangat dan membuat energi melemah.

Kapan dipakai: Bila ingin memberi kesan lebih sensual, jangan gunakan warna ini, kata Eisman. Warna pink yang lembut cocok untuk acara kencan yang romantis, bukan menggairahkan.

Merah
Arti:
Kuat, berani, percaya diri, gairah
Merah adalah warna yang punya banyak arti, mulai dari cinta yang menggairahkan hingga kekerasan perang. Warna ini tak cuma memengaruhi psikologi tapi juga fisik. Penelitian menunjukkan menatap warna merah bisa meningkatkan detak jantung dan membuat kita bernapas lebih cepat.

Kapan dipakai: Ini adalah warna yang dinamis dan dramatis. Bila dipakai dalam dunia profesional memiliki kesan yang sangat kuat. Tapi jangan gunakan baju merah saat wawancara kerja. "Warna ini bisa menimbulkan konflik saat negosiasi," kata Eisman. Kenakan warna merah hanya sebagai aksen, misalnya kamisol merah yang dipadankan dengan blazer abu-abu.

Kuning
Arti:
Muda, gembira, imajinasi
Warna kuning akan meningkatkan konsentrasi, itu sebabnya warna ini dipakai untuk kertas legal atau post it. Kuning juga merupakan warna persahabatan. Jadi Anda sudah bisa menebak jika si dia memberi mawar kuning saat Valentine.

Kapan dipakai: Banyak orang yang kurang pede memakai warna ini karena takut terlihat mencolok. Padahal warna kuning hadir dalam berbagai variasi, mulai dari pastel hingga kuning cerah. Bila Anda tak nyaman dengan busana warna ini, padankan dengan sesuatu yang Anda sukai, misalnya tas bunga-bunga warna kuning.

Hitam
Arti:
Elegan, kuat, sophisticated
Hitam punya reputasi buruk. Warna ini dipakai oleh para penjahat di komik atau film. Hitam juga melambangkan duka dan murung. Tapi, hitam juga punya sisi lain, misalnya saja untuk menyatakan sesuatu yang abadi, klasik, dan secara universal dianggap sebagai warna yang melangsingkan.

Kapan dipakai: Khawatir Anda akan memakai gaun dengan warna sama dalam pesta? Tambahkan sedikit keceriaan, misalnya gunakan perona mata cerah, kalung bebatuan, cat kuku warna merah, atau stiletto warna silver. Warna hitam mudah dipadukan dengan aksesori jenis apa pun.

Hijau
Arti:
Kesejukan, keberuntungan, dan kesehatan.
Hijau melambangkan alam, kehidupan, dan simbol fertilitas. Para pengantin di abad 15 menggunakan gaun pengantin berwarna hijau.

Sumber : 
http://nasional.kompas.com/read/2008/10/09/15551015/psikologi.dan.arti.warna


Sedangkan Okezone membahas warna sebagai berikut : 

Hijau

Penyuka warna biru didefinisikan sebagai sosok yang ramah dan tidak suka berkonfrontasi. Mereka juga sangat terbukti jujur dalam pergaulan.

Ungu

Selain cerdas, penyuka warna ini juga cenderung temperamental di saat yang bersamaan. Tak hanya itu, mereka juga memiliki sisi emosional yang tinggi, serta menganggap keamanan dirinya merupakan hal terpenting.

Kuning

Warna kuning melambangkan keceriaan, kreatif, dan tidak suka terikat. Tak hanya itu, penyuka warna ini juga sangat suka dengan petualangan.

Cokelat atau marun

Warna ini melambangkan kesabaran, tanggung jawab, dan mampu diandalkan. Bagi wanita yang menyukai warna tersebut juga akan terlihat naluri keibuannya. Selain itu, penyuka warna cokelat atau marun juga sangat senang membantu orang lain.

Abu-abu

Warna abu-abu memiliki arti tenang, praktis, dan lebih senang bersikap netral.


Sumber :
http://lifestyle.okezone.com/read/2013/03/17/198/777125/apa-arti-warna-favorit-anda

Sedangkan Arti warna menurut Psikologis yang dibahas di merdeka.com adalah : 

Merah Seseorang yang memakai warna merah mengindikasikan mereka bersiap untuk beraksi atau mereka antusias dengan hari ini. Namun bisa juga bercita rasa negatif seperti marah atau tidak bisa mengendalikan dirinya.

Jingga

Warna jingga adalah warna sosial dan optimistik. Namun sisi negatifnya, warna ini juga mencerminkan rasa pesimis dan kedangkalan.

Kuning
Warna kuning adalah warna yang mendiskripsikan intelektualitas. Bisa juga berarti optimis dan ceria. Namun bisa juga tidak sabar dan pengecut.

Hijau

Hijau berati seimbang dan dewasa. Bisa juga mencerminkan positivisme dan posesif.

Biru

Biru itu kepercayaan dan kedamaian. Bisa juga mencerminkan loyalitas dan integritas seperti paham konservatif

Ungu

Ungu adalah lambang imaginasi. Seseorang dengan waran ungu mempunyai citra kreatif dan individual atau tidak dewasa dan cenderung ribet.

Pink

Pink melambangkan cinta dan menjaga. Pink juga punya kesan kekanak-kanakan dan bernuansa wanita.

Coklat

Coklat berkesan serius dan rendah hati. Berhubungan juga dengan sifat perlindungan dan kekayaan.

Silver Siver identik dengan energi. Juga berkesan emosional, sensitif dan misterius.

Emas

Emas melambangkan kesuksesan, penghargaan dan kejayaan. Juga berhubungan dengan kemewahan, harga diri, dan elegan.
Putih

Putih selalu identik dengan kepolosan dan kesucian. Juga melambangkan keutuhan dan penyelesaian.

Hitam

Hitam berkesan tertutup, tersembunyi dan penuh dengan rahasia.


Sumber : 
http://www.merdeka.com/ireporters/gaya/arti-warna-menurut-ilmu-psikologi.html


Dan pengaruh Warna terhadap dinding rumah juga dibahas di merdeka.com : 

Kuning
Warna ini adalah pilihan yang baik untuk kamar tidur anak-anak karena memberi kesan hangat dan cerah. Jika Anda menyukai warna-warna cerah, madu bel adalah pilihan yang tepat untuk membuat dinding rumah Anda terlihat keren.

Hijau turquoise
Cahaya terbaik yang dapat Anda berikan ke rumah Anda adalah cat dinding warna hijau turquoise. Warna ini akan menciptakan perasaan santai dan semangat. Warna Turqoise juga membantu meningkatkan semangat belajar jadi cocok digunakan untuk kamar anak Anda.

Abu-abu
Warna ini memiliki Abitur untuk menenangkan pikiran dan untuk menciptakan ruang damai yang dapat membantu Anda untuk lebih fokus dalam hidup.

Ungu muda
Warna tersebut menciptakan kesan elegan dan romantis. Anda bisa menggunakan warna ini dalam kamar untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan nyenyak.

Mocha
Warna ini kerap dipakai dalam rumah berdesain minimalis. Warna moka memang bagus dan memberikan Anda perasaan hangat setiap kali Anda memasuki ruangan.

Biru muda
Melihat warna biru muda di dinding akan memberi kesan sejuk, hangat dan bersahabat. Ingin rumah Anda terasa sejuk? Gunakan saja warna biru muda.

Putih
Ini adalah warna dinding yang umum dan terlihat di hampir setiap rumah. Warna putih akan membuat tampilan rumah Anda ringan dan cerah. Jika Anda menyukai mebel kayu, penggunaan warna dinding putih akan membuat mebel Anda tampak berkelas.

Merah
Warna dinding merah membuat Anda makin bersemangat dan optimis. Tapi sebaiknya Anda tidak memakai warna ini dalam kamar agar Anda bisa tidur nyenyak.


Sumber : 
http://www.merdeka.com/gaya/kenali-arti-warna-dinding-rumah.html


Psikologis penting untuk difikirkan pada saat kita memilih warna untuk logo perusahaan kita. Karena pada saat logo itu sudah terbuat dengan satu warna yang kita pilih, calon penikmat lebih menggunakan unsur psikologis terlebih dahulu dalam memandang logo kita. 

Karena pada saat itu dia memang belum kenal atau masih awam sekali dengan logo kita. Setelah beberapa kali melihat barulah banyak faktor yang bisa membuat mereka peduli akan logo milik usaha kita. 




Fabian Studio -