Pages

Kesadaran Merk (Brand Awarnees)


Ketika sebuah Perusahaan secara terus menerus membuat sebuah aktifitas Branding mereka, pertanda mereka sedang membangun sebuah kesadaran Merk untuk Brand mereka.

Kenapa mereka (Perusahaan) harus terus mendefinisikan Brand mereka secara terus menerus kepada Audiensnya, Fabian Studio akan mencoba membahasnya pada artikel ini. Kita bisa melihat diagram piramida tentang kesadaran Merk dibawah ini :


A. TOP OF MIND 

Adalah Merk yang pertama kali disebutkan oleh Konsumen atau yang pertama kali muncul dalam benak konsumen. Dengan kata lain, merk tersebut merupakan merk utama dari berbagai merk yang ada didalam benak konsumen. 


B. BRAND RECALL

Yaitu pengingatan kembali Merk secara spontan tanpa adanya bantuan (unaided Recall)


C. BRAND RECOGNATION 

Adalah tingkat minimal dari kesadaran Merk dimana pengenalan merk muncul lagi setelah dilakukan pengingatan kembali lewat bantuan (aided Recall) 


D. UNWARE BRAND 

Adalah tingkat paling rendah dalam piramida kesadaran Merk dimana Konsumen tidak menyadari adanya suatu Merk walaupun dilakukan pengingatan kembali lewat bantuan (Aided Recall). 


Mengejar Top Of Mind Audiens Anda sudah pasti tidak bisa dilakukan dengan satu kegiatan saja. Dimana meletakkan sebuah ingatan kedalam benak Audiens Anda merupakan hal yang harus dilakukan secara berulang. 

Itulah mengapa Mereka (Perusahaan) akan terus melakukan kegiatan Branding, baik untuk Perusahaannya ataupun produknya. 

Mereka harus menyampaikan pesan yang mudah dimengerti oleh para Audiensnya, dimana pesan tersebut adalah rangkaian penyampaian peletakkan Brand Anda kedalam benak calon konsumen Anda. Pesan yang disampaikan juga harus berbeda dengan Merk lainnya, dimana itu akan memudahkan para Audiens Anda mengingat Brand atau Produk Anda. 

Simbol, gambar, warna harus dipilih yang memang sangat berkaitan dengan semangat Perusahaan ataupun Produk itu sendiri. Karena jika memang memiliki jarak yang terlalu jauh, akan sangat sulit sekali meletakkan brand atau produk Anda kedalam benak calon konsumen Anda. 

Pesan disampaikan bisa disampaikan lewat banyak hal, Jingle, Visual Design, TVC, Activity dan lainnya. Itu memang harus dilakukan karena memang dapat mempermudah meletakkan Brand kita kedalam benak calon Konsumen Anda. 

Pernah ingat sekitar tahun 90 an, diman Kita jika ingin membeli Mie Instant selalu yang kita sebut sebuah Brand ? 

"Beli Indomie 4 bungkus" 

Dimana Brand tersebut sudah sangat melekat kedalam benak calon konsumennya. Indomie melakukan itu secara berulang, bahkan sampai saat ini saja, mereka masih menyiapkan budget yang tidak sedikit untuk kegiatan kampanye produk mereka. 

Begitu juga dengan teh botol yang memiliki kesamaan cerita dengan Indomie, dimana Brand itu memang akhirnya diletakkan didalam urutan piramida no1, yaitu Top Of Mind.
Itulah mengapa kegiatan Branding sangat dibutuhkan oleh sebuah Perusahaan untuk mengkampanyekan baik itu Perusahaannya sendiri ataupun Produknya. 

Jadi kalau ditanya hubungan Branding dan penjualan, sedikit banyaknya artikel ini bisa membantu menjelaskan duduknya Branding pada banyaknya penjualan. Ketika memang Brand sudah dikenal, dan ketika memang audiens Anda sudah aware terhadap Brand Anda, maka bisa dipastikan ketika mereka mencari sebuah Produk untuk kebutuhan mereka, yang dicari adalah Produk Anda. 





Fabian Studio -