Pages

Tips Untuk Perusahaan Anda Tentang Pitching Desain

Fabian Studio

Untuk Anda Perusahaan yang belum memiliki seorang Designer maka Perusahaan Anda pasti memerlukan jasa dari seorang Freelance Designer. Atau memang ada beberapa Perusahaan yang memang sengaja tidak ingin memelihara (mempekerjakan) seorang designer karena bisa dibilang kebutuhan akan Desain masih sangat kecil sekali. Kali ini Fabian Studio ingin memberikan Tips, bagaimana caranya untuk membuat Pitching Desain untuk mengundang Freelance Designer. 

Tips-tips tersebut Fabian Studio akan jelaskan dibawah : 

1. Buat Perencanaan yang Baik 

Membuat sebuah perencanaan haruslah matang jika memang Anda ingin mendapatkan hasil sebuah Desain yang maksimal. Siapa target Audience Perusahaan Anda, siapa kompetitor Perusahaan Anda, dan harapan pada yang akan Perusahaan Anda targetkan kepada Desain yang akan dibuat. 

Target Audience akan menentukan bentuk dari visual itu sendiri. Seorang Designer sangat mengetahui bagaimana caranya menyasarkan pesannya kepada target Audience dari Desain yang mereka buat. Maka dari itu ada baiknya itu memang sudah Anda rencanakan terlebih dahulu sebelum Anda akan mengundang para Designer Freelance ke Kantor Anda. 

2. Siapkan Refrensi 

Refrensi merupakan satu barometer tersendiri untuk mencapai satu visual yang akan Anda dapatkan nantinya. Sebagai contoh Fabian Studio berikan : sebuah perusahaan ingin membuat Desain untuk Website, maka Perusahaan haruslah memberikan refrensi website a,b dan c yang menurut Perusahaan tersebut baik. 

Karena kata "bagus" itu memiliki persepsi yang sangat luas sekali. Kalau Perusahaan tidak memberikan barometer dari kata bagus tersebut, maka percaya deh hasil tidak mencapai titik maksimal. 

3. Undang Freelance Designer 

Hal yang perlu diingat, pitching bukanlah kontes. Jadi ada baiknya kita tidak terlalu banyak mengundang freelance Designer. Kalau saran dari Fabian Studio cukup 3 orang designer. Karena kalau terlalu banyak akan sangat dikhawatirkan mereka (para designer) tidak tertarik mengikuti undangan pictching Anda. 

Mencari Designer merupakan bagian yang penting dalam memberikan undangan kepada mereka. Trik gampang bagaimana mengundang designer yang sesuai dengan keinginan Perusahaan Anda, maka kunjungi website mereka dan lihat hasil Desain yang sudah mereka kerjakan. 

Kalau menurut Anda itu bagus, maka barulah Anda bisa meminta Studio mereka, ataupun Freelance designer tersebut untuk mengikuti acara Pitching untuk keperluan Desain Perusahaan Anda. 

Fabian Studio sarankan, jika memangDesain tersebut akan diproduksi (printing, eksekusi, dll) jangan disatukan menjadi satu acara dengan Pitching. Buat 2 acara yaitu Pitching dengan Produksi. Karena kalau disatukan konsentrasi mereka jelas berbeda. 

Seorang Designer yang bekerja untuk sebuah percetakan fungsi utamanya adalah menjaga kualitas Desain untuk diprinting secara masal. Mereka memiliki konsentrasi yang berbeda dari seorang freelance designer yang memang biasa mengerjakan untuk pembuatan Desain. 

4. Briefing Desain Para Designer 

Setelah mereka Anda minta memenuhi undangan ke Perusahaan Anda, maka Anda berikan materi yang sudah kita bahas diatas. Buat itu dalam satu lembar atau 2 lembar kertas yang dibagikan kepada designer. Jelaskan apa yang perlu Anda jelaskan kepada Designer yang Anda undang ke Perusahaan Anda. 

Kasih mereka waktu untuk bertanya apabila ada yang tidak mereka pahami atas keinginan Anda. Dan Anda harus menjawab dengan jelas apa yang mereka pertanyakan, karena hasil Desain yang akan Anda terima tergantung dari hasil pembicaraan pada briefing hari ini. 

5. Quotation 

Ada dua cara untuk yang satu ini, yang pertama adalah minta mereka mengirimkan hasil Desain dengan dibarengi oleh Quotation atau penawaran harga atas Desain yang mereka buat. Atau yang kedua minta mereka mengajukan Quotation terlebih dahulu sebelum mereka membuat sebuah Desain.

Kalau untuk Perusahaan Rule yang pertama pasti menguntungkan, sedangkan yang kedua kalau memang penawarannya ketinggian maka Anda akan bisa mencari Designer yang lainnya lagi. Cuma akan jadi memakan waktu kembali. 

Kalau memang ingin cepat dikerucutkan, budget yang disiapkan oleh Perusahaan harus dibuka juga pada saat briefing. Biaya Standard pembuatan Layout untuk Freelance Designer harga mulai dari 2,5 juta sampai tak terhingga. Maka dari itu saran dari fabian Studio Anda juga harus melihat portofolio dan jam terbang dari Designer itu sendiri. Semakin lama jam terbangnya maka semakin mahal harga yang diberikan untuk Jasa pembuatan Desain-nya. 

6. Memilih Desain yang sudah dikirimkan

Setelah mereka (para designer) mengirimkan layoutnya sesuai dengan deadline yang sudah Anda tetapkan, maka saatnya Anda memilih. Logikanya jika Anda memerlukan satu layout Desain saja, maka Anda akan mendapatkan 3 layout Desain karena ada 2 Designer yang membuat layoutnya untuk Anda. 

Jika Anda sudah memilih satu diantara 3 untuk sebuah Desain yang Perusahaan Anda butuhkan, maka Fabian Studio sarankan untuk yang dua tidak terpilih jangan dipakai untuk kebutuhan Desain Perusahaan Anda selanjutnya. Memang secara tertulis Anda akan memberikan notes "Desain yang sudah dikirim adalah hak dari penyelenggara", akan tetapi bijaklah dalam menggunakan Desain yang tidak Anda beli. 

7. Umumkan Pemenang Pitching

Dalam acara mengumumkan pemenang pitching ada baiknya tidak dilakukan lewat telpon saja. Akan tetapi undang kembalilah ketiga designer tersebut untuk ikut duduk bersama mendengarkan pemenang dari acara Pitching yang Perusahaan Anda buat. 

Dengan begitu para Designer akan tetap merasa dihargai, dan jika diundang kembali untuk Pitching mereka kemungkinan besar akan ikut.


Proses Pitching biasanya dilakukan secara tertutup berbeda dengan kontes Desain yang diadakan secara terbuka. Pitching Desain pesertanya biasanya ditunjuk langsung oleh Perusahaan yang menyelenggarakan Pitching tersebut. 

Keuntungan dari proses pitching ini, Anda akan mendapatkan optional dalam kebutuhan Desain untuk Perusahaan Anda. Walau memang harus diakui ada beberapa designer yang tidak senang Desain-nya ikut Picthing. 

Tapi lebih banyak yang ingin mengikuti proses pitching itu kok, jadi gak usah khawatir, asalkan tadi seperti Fabian Studio sarankan, buatlah Acara Pitching tersebut dengan bijak dan fair. Agar jika Anda ingin mengadakan acara itu kembali, mereka bersedia Perusahaan Anda undang. 

Para Designer satu sama lain biasanya mereka kenal karena mereka biasanya membentuk sebuah komunitas-komunitas sesama designer. Jika Perusahaan Anda melakukan satu tindakan yang menurut mereka tidak Fair, maka Designer yang lainnya akan cepat mengetahuinya. Itu tandanya, Perusahaan Anda akan dicap buruk dalam penyelenggaraan pitching suatu Desain. 

Maka dari itu Fair dan bijak bisa menjadikan satu barometer Anda bisa dipercaya oleh para designer yang akan Anda undang diacara berikutnya. 

Menurut Fabian Studio, dengan menggunakan proses pitching biaya Desain tidak lebih mahal kok. Dibandingkan Anda harus membayar gaji setiap bulan seorang designer yang profesional (kalau ingin mendapatkan hasil yang maksimal). Anda hanya perlu satu kali bayar, maka Desain bisa Anda pakai sepuasnya Perusahaan Anda butuhkan, tidak mahal kan ? 

Berikut tips yang Fabian Studio bisa berikan, sukses terus untuk Perusahaan Anda dan sangat disarankan gunakanlah Jasa Designer sebagai alat bantu Anda untuk Promosi di Perusahaan Anda. 




All About Promotion Support