Pages

Peranan Website Dalam Pemasaran


Kalau Anda masih bingung bagaimana Fabian Studio mengaitkan antara Website dengan dunia Pemasaran, coba dibaca dulu artikel yang Fabian Studio buat kali ini.

Pergeseran website yang sudah dijadikan satu kebutuhan tentunya bisa Kita lihat mulai dari Tahun 2012, dimana saat itu fungsi website bukan lagi sebagai barang sekunder. Website pada saat sekarang ini sudah bisa dikatakan merupakan bagian dari strategi pemasaran. 

Coba Kita berhenti sejenak, coba Kita fikirkan perlahan, dalam waktu satu hari ini, sudah berapa banyak Brand yang masuk kedalam kepala Kita. Masih ingatkah Anda ? 

Kalau Anda lupa itu pertanda banyak sekali Brand yang masuk kedalam kepada Anda dan belum tentu Anda bisa mengingat pesan dari Brand itu satu persatu. Kita bisa menangkap kalimat awal dari proses brand yang berhasil membranding kedalam kepala Kita, tapi sampai untuk masuk kedalam tahapan yang lebih detail lagi, belum tentu Kita mampu mengingatnya. 

Hampir banyak produk yang sejenis yang membedakan diri lewat Cutting Edge yang dibuat oleh sebuah Agency. Televisi, Radio, Brosur, Billboard dan kawan-kawannya banyak sekali menyapa Kita dikeseharian Kita. 

Terkadang ada yang cepat menempel didalam kepala Kita yang memang kebetulan itu merupakan segala sesuatu yang Kita butuhkan. Maka Anda akan bergegas mengingat Brand tersebut atau cenderung mencatat Brand yang Anda butuhkan tersebut. 

Sesampainya dikantor, maka Anda akan mencari didalam mesin pencari atau Google untuk mengejar "Website" nya. Nah, sampai sini sudah tertangkap bukan maksud dari fungsi website itu sendiri. 


Begitu mudahnya informasi dibuat dan dicari pada saat sekarang ini, seolah-olah setiap waktu, setiap detiknya Anda selalu disajikan oleh sebuah Informasi. Mana yang diperlukan oleh Anda terkadang lebih sedikit dari jumlah Informasi yang Anda terima. Maka dampaknya Anda hanya bisa mengingat sebagian kecil dari informasi yang Anda butuhkan. 

Jika sudah demikian maka website mampu membuat proses "Re-call" Brand pada audiens Anda.


Dan pada saat sekarang ini, Website menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin bertahan pada usaha Anda. Bukan hanya untuk usaha yang skala besar saja, usaha skala kecilpun sudah mulai menyajikan informasi-informasi yang menarik didalam Website yang mereka buat.


Pengambilan keputusan calon konsumen pada saat sekarang ini memang dipengaruhi oleh banyaknya informasi yang Dia butuhkan. Itu dikarenakan pada saat sekarang, konsumen dihadapi oleh pilihan yang sangat banyak sekali. 

Pertama kali informasi diterima sudah tentu Audiens tidak akan bisa menerima begitu saja. Audiens sekarang cenderung melakukan konfirmasi dengan cara membuka akses internet dari tangan mereka untuk mengkonfirmasi kebenaran Informasi yang Perusahaan Anda berikan. 

Hal yang pertama kali Audiens lihat adalah Website Perusahaan Anda. Dia akan mempelajari dengan perlahan informasi yang yang disajikan didalam Website Anda. Lalu setelah Audiens sudah melakukan konfirmasi, maka yang biasa dilakukan oleh Audiens adalah mencari sumber yang lainnya. 

Dari testimoni orang lain, berita dimedia sosial, berita di media Online lainnya barulah mereka menganalisanya. Jika memang dirasa kurang oleh Audiens Anda, maka Dia akan melakukan konfirmasi kembali lagi-lagi lewat media internet atau bisa juga mereka menghubungi Anda. 

Nah sekali lagi Anda bisa melihat, ketika Audiens bisa menghubungi Anda, maka informasi yang menyampaikan no telpon kantor Anda atau alamat email kantor Anda biasanya ini sebuah informasi yang disediakan oleh Website. 

Fungsi Website belakangan ini memang hampir tidak banyak bedanya antara satu dengan yang lainnya. Media penyampai Informasi yang dibutuhkan oleh Calon Client ataupun konsumen para pelaku usaha. 

Fabian Studio punya pengalaman yang menarik ketika berdiskusi kepada salah satu client Kami. Pada saat itu Client Kami mengeluarkan Statement dengan menghabiskan budget Campaign melalui placement media (TV) maka selesai sudah permasalahan Pemasaran. 

Akhirnya Kami pun mencoba membuat Dummy Website untuk Client tersebut tanpa sepengetahuan dari Client Kami. Dan setelah 4 bulan, Kami mengunjungi Client Kami tersebut. Dan Client Kami pun bingung, ternyata lebih banyak presentasenya yang menghubungi Perusahaan mereka karena mengetahui informasi tentang Perusahaan mereka dari Website yang Kami buatkan secara diam-diam. 

TVC bagus membangun awarnes (kepedulian), akan tetapi setelah mereka aware, maka yang mereka lakukan adalah mengejar Website Perusahaan Anda. Kami pun sangat setuju ketika berbicara tingkat efektifitas dari pembuatan TV Commercial itu sangat luar biasa, akan tetapi itu baru sampai tahap membangun Awarness. 


Client pada saat sekarang sangat pandai sekali memilih dan membandingkan. Perusahaan Anda sangat sulit ditemukan dalam bentuk Informasi yang biasanya disajikan lewat Internet, maka Audiens Anda akan mencari Perusahaan lain yang bisa jadi kompetitor Anda untuk mereka ajak kerjasama.

Setelah Anda sudah memiliki Website, jangan lupa untuk menyajikan sesuatu yang bermanfaat bagi para pengunjung Website Anda. Hindarkan berbicara banyak tentang Anda, akan tetapi mulailah menyajikan sebuah informasi yang memang seputaran usaha Anda yang dibutuhkan oleh pengunjung website Anda. 

Seperti Bapak Marketing kelas dunia sampaikan, bahwa saat ini "Jangan membuat Promosi, tapi buatlah itu menjadi informasi" (Hermawan Kertajaya, marketing 3.0). 

Itu menandakan orang sudah tidak mau lagi disuguhkan materi promosi, akan tetapi orang sangat haus informasi pada saat sekarang ini. Dan hal yang terpenting yang kedua adalah buatlah website Anda mudah diakses pada semua platform. Jangan hanya untuk desktop, fikirkan orang lain yang mengakses website Anda lewat Smartphone mereka. 

Karena presentase orang mencari informasi lewat Desktop sudah mulai tertinggal jauh dibandingkan dengan mereka yang berusaha mencari informasi lewat Smartphone mereka. Buat semenarik mungkin dari sisi desain dan buat seinformatif mungkin dari sisi pembuatan content. 

Dengan begitu Anda akan tampil maksimal didepan Audiens Anda, untuk selalu berusaha meyakinkan calon client ataupun konsumen Anda. 

Sukses selalu untuk Perusahaan Anda. 






Fabian Studio -