Modelling yang dikatakan diatas bukanlah seorang model yang sedang berlenggak-lenggok diatas catwalk. Melainkan teknik didalam duni visual 3D yang berarti membuat sebuah model. Fabian Studio selalu senang memperhatikan perkembangan seputaran dunia visual baik di Indonesia maupun didunia.
Dalam dunia pembuatan model pada 3D yang sering disebut modelling 3D, ada dua kategori yang sebagaimana akan dijelaskan dibawah ini.
1. Modelling Organic.
Modelling organic ini adalah teknik membuat sebuah model yang bersifat kepada makhluk hidup. Modelling Organic ini sering diimplementasikan kepada human modelling (Modelling Character orang). Kita tentunya sering melihat pada saat sekarang ini dimana Industri Game di Indonesia nampaknya sedang tumbuh pesat.
Nah jika kita melihat sebuah karakter yang terdapat didalam game yang sifatnya 3D, maka itu bisa dipastikan hasil dari modelling yang dilakukan disoftware 3D. Klasifikasi modellingnya sering juga disebut dengan Organic Modelling.
Software yang digunakan untuk Modelling 3D Organic ini sangatlah bervariatif. Mulai dari 3D Max, Maya, Poser, dll.
Proses modelling organic ini memang biasanya memakan waktu cukup lama dengan didasari dari beberapa terapan character yang sudah dibuat sebelumnya. Proses pengerjaan modelling organic ini bisa memakan waktu 1 - 3 tahun. Namun jika proses modelling sudah selesai maka kita bisa menggerakkan character tersebut sesuai dengan yang kita mau.
Yang menggunakan proses modelling Organic ini biasanya :
1. Industri Film Animasi
2. Industri Game
3. Industri Periklanan
Biaya pembuatan modelling 3D ini memang cukup memakan biaya yang cukup besar. Ini dikarenakan proses modelling ini membutuhkan pengetahuan dan skill yang sangat tinggi.
2. Non Organic Modelling
Jenis modelling yang kedua adalah modelling Non Organic. Non Organic ini biasanya diimplementasikan kepada benda mati. Seperti : Meja, Bangunan, Laptop, dll. Teknik modelling Non Organic ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah Property dalam game.
Jika tadi berbicara organic modelling adalah characternya, maka jika non organic adalah tempatnya.
Software pembuat kategori non Organic modelling adalah : 3D Max, Lightwave 3D, Autocad, Smarthome 3D, Maya, dll. Proses pengerjaan untuk modelling non organic ini tergantung dari tingkat kesulitan dan detailnya. Dimana jika kita melihat pembuatan non organic modelling pada jenis senjata seperti dibawah, maka tipe senjata laras pendek dan laras panjang dibawah memiliki waktu pengerjaan yang berbeda.
Satu objek untuk senjata diatas kurang lebih memakan waktu 1 - 3 bulan pengerjaan. Dimana tingkat detail menentukan lamanya pekerjaan.
Yang menggunakan proses modelling non organic adalah :
1. Industri Game
2. Perancang Interior (Interior Design)
3. Industri Film Animasi
4. Industri Periklanan
Non organic modelling ini biasanya digunakan juga untuk pembuatan produk. Biaya memang lebih mahal dibandingkan jika kita membuat sebuah materi visual dengan teknik photography hanya dengan modelling 3D ini kita dapat membuat eksperimen angle dibandingkan dengan fotografi.
Proses non organic modelling juga sering digunakan untuk sebuah ilustrasi visual dalam proses sebuah pameran. Pembuatan Booth, Stage, dll. Dimana proses modelling ini sangat membantu kita melihat hasil akhir pada saat implementasi acara tersebut.
Selain itu sama halnya dengan pameran, proses modelling non organic ini juga bisa membantu pekerjaan seorang arsitek dalam membuatkan sebuah perencanaan rumah kepada clientnya. Dengan begitu maka sang client akan dapat melihat hasil akhir dimana rumah yang akan ditempatinya nanti begitu rupawannya.
Memang Visual Graphic pada saat sekarang ini terus dituntut agar dapat memenuhi kebutuhan dari manusia. Bukan hanya dalam bidang usaha saja, melainkan dalam hal-hal yang lainnya. Dengan adanya Visual maka kita bisa dapat membayangkan hasil akhir dari sebuah perencanaan dan memiliki tingkat akurasi lebih dari 80%.
Dengan begitu maka ktia bisa membuat sebuah perencanaan yang matang agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
Fabian Studio