Pages

Mengenal Planogram


Kita sering kali melihat kedalam sebuah Mall atau supermarket, betapa indahnya susunan pada produk yang mereka buat. Baik secara penataan dan peletakkan dari masing-masing produk yang mereka akan tawarkan kepada calon konsumennya. 

Lalu apa hubungannya dengan judul postingan kali ini yang bertajuk dengan mengenal Planogram ?, baiklah, secara rinci Fabian Studio akan mencoba membahas dengan gayanya Fabian Studio (ringan). 

Planogram adalah sebuah alat pemasaran yang digunakan pada toko-toko ritel. Dalam pembuatan sebuah Planogram, maka haruslah memiliki sebuah perencanaan yang tepat. Karena kita akan menyajikan produk kita kepada calon konsumen yang mungkin baru lewat didepan tempat usaha Anda. 


Seperti contoh diatas, sebuah Planogram milik dari Levis yang dibuat untuk mempercantik tampilan produk. Sebuah Planogram yang baik dapat sangat membantu minat beli dari calon konsumen Anda. Mulailah memperhatikan sebuah Planogram didalam tempat usaha Anda setelah membaca Artikel dari Fabian Studio ini. 


Gambar diatas adalah contoh sebuah perencanaan dalam pembuatan Planogram dan aturan main dari susunan Produk yang akan ditawarkan. Buat semenarik mungkin dan memang sesuai dengan keinginan dari segmen Anda yang ingin melihat. 

Diusahakan setelah perencanaan selesai dan Planogram pun dibuat, pada saat menjalankan perencanaan tetap konsisten. Banyak pengalaman yang Fabian Studio lihat, dimana akhirnya sebuah Planogram terlihat berantakan sekali. Yang perencanaannya sedemikian cantik dibuat tapi akhirnya peletakkan produk tidak lagi pada tempatnya. 

Disini memang dibutuhkan koordinasi yang kuat antara sang pemilik usaha, kepada supervisior dan SPG. Dan menurut Fabian Studio, jika memang semua memiliki Guide yang secara Handout, maka harusnya itu bisa dipajang ditempat kerja dimana tempat itu tidak terlihat oleh konsumen Anda. Dengan begitu maka semuanya bisa berjalan konsisten (seharusnya). 

Karena kita sering lupa dan sering sekali tidak konsisten pada saat barang/produk bertambah, yang dilakukan bukan penambahan fixture malah penumpukan pada rak yang sama. Yang akhirnya, perencanaannya pada fixture tersebut hanya memiliki 4 produk dan bulan berikutnya disana terdapat 5 produk alias penambahan tanpa perencanaan. 

Menjaga kerapihan adalah satu kewajiban yang seharusnya sudah tidak perlu diucapkan kembali. Dimana orang akan tertarik datang menghampiri ketempat Anda, jika memang mereka nyaman dan melihat susunan demi susunana produk terlihat rapih dan gampang di identifikasikan oleh konsumen Anda. 

Letakkan produk yang sejenis atau yang berkaitan menjadi hal penting yang memang harus Anda pertimbangkan. Itu dimaksudkan agar memang orang dapat mudah mencari apa yang mereka perlukan. 

Sebagai contoh Baju dengan baju, dan berdekatan dengan produk celana, dan sebagainya. Itu membuat konsumen Anda akan tertarik untuk terus mengekplorasi tempat Anda. 

Dan Produk yang Anda display pada Planogram, usahakanlah yang terbaik. Jangan ada yang cacat, jangan ada yang lusuh (jika itu baju), dan jangan ada yang tidak berkenan dilihat oleh pandangan mata. Masih banyak yang berfikir kalau barang cacat bisa diletakkan pada planogram produk display. Padahal tidak sedikit konsumen yang berfikir bahwa dengan Anda meletakkan barang yang cacat, maka seluruh Stock yang Anda miliki tidak jauh dari barang yang ada didisplay. 

Sayang bukan kalau akhirnya ada persepsi demikian dari konsumen Anda ? 
Padahal belum tentu stock barang yang Anda miliki cacat semua, maka dari itu buatlah satu konsep yang baik pada usaha Anda. Dimana pada sebuah konsep itu dapat diimplementasikan kepada para karyawan Anda dalam hal menjalankannya. 

Sukses untuk Usaha Anda para sahabat Fabian, semoga Usaha Anda selalu maju dan berkembang seperti harapan dari Kami, Fabian Studio. (AF) 





Fabian Studio