Pages

Tips Singkat Pembuatan Kalender Meja


Tips ini Fabian Studio buat berdasarkan hasil visit ke tempat Client Kami yang dimana Perusahaan mereka baru saja ingin membuat sebuah Kalender pertama kalinya. Maka dari itu Kami akan share Tips yang paling mudah bagi Anda yang ingin membuat Kalender, khususnya Kalender Meja pada kesempatan kali ini. Silahkan di cek sahabat Fabian. 


Tidak lebih mudah memang dibandingkan dengan kalender dinding, dimana Kalender meja ini memiliki beberapa material yang harus dipahami. Yuk kita mulai satu persatu, Fabian Studio akan menjelaskan, dan setelah membaca artikel ini, pasti Anda sudah bisa merencanakan sendiri proses pembuatan kalender untuk Perusahaan ataupun Produk Anda. 

1. UKURAN

Memang banyak ukuran yang digunakan untuk Kalender duduk ini, namun ada beberapa ukuran untuk kalender duduk ini yang memiliki tingkat efisiensi baik dari ukuran maupun yang nantinya akan berpengaruh kepada biaya produksinya. 

- Ukuran A5  ( 14.8 x 21 cm) 
- Ukuran 1/2 Folio (17 x 21 cm) 
- Ukuran 1/2 A4 (10.5 x 29.7 cm) 

Tiga ukuran itu sangat efisien sekali untuk proses pembuatan Kalender Anda. Jika Anda menggunakan ukuran diatas, maka Anda sama sekali tidak akan membuang sisa ukuran kertas dan akan memiliki dampak harga yang tidak terlalu mahal. 

Walaupun Ada yang menggunakan ukuran yang tidak lazim atau custom, itu juga sah-sah saja, hanya saja ukuran yang custom akan membuat Anda membeli kertas lebih banyak lagi dan menghasilkan sisa yang terbuang sia-sia pada potongannya. 

2. POSISI

Posisi memiliki 2 opsional, yaitu : Vertikal dan Horizontal. Dimana  ini juga nanti akan berkaitan dengan perencanaan pembuatan Visual atau materi gambar pada kalender duduk Anda. 

3. HALAMAN

Halaman ini juga memiliki banyak pilihan, akan tetapi pada kebanyakannya menggunakan 6 halaman atau 12 halaman. Jika 6 Halaman maka satu halaman akan berisi 2 bulan untuk posisi kalendernya.

Contoh Kalender 6 halaman (2 bulan satu halaman)
Jika memang Anda menginginkan satu halaman 1 bulan, maka itu berarti jumlah halaman Anda adalah 12 halaman. 

Lalu selanjutnya adalah fikirkan halaman balikannya. Balikan dari kalender apakah Anda ingin berikan gambar juga atau dibiarkan kosong. Lagi-lagi ini nantinya akan berhubungan kepada stock image yang akan Anda butuhkan untuk pembuatan kalender ini. Jika memang 12 halaman dan belakangnya (balikannya) Anda ingin isi gambar juga, maka Anda akan membuatuhkan gambar sebanyak 24 gambar. Atau jika Anda menggunakan 6 halaman dengan balikannya ingin disisipi gambar juga, maka Anda akan membutuhkan gambar sebanyak 12 gambar. 

Banyaknya halaman yang tercetak atau bergambar juga akan mempengaruhi harga menjadi lebih mahal. Karena itu akan membuat penambahan biaya cetak pada saat produksi nantinya. 

4. COVER PENYANGGA 

Cover penyangga ini juga harus Anda pertimbangkan masak-masak. Ingin menggunakan Hard Cover atau cukup dengan karton tebal saja. Perbedaan harga kedua opsi ini pun sangat mempengaruhi banyak pada saat produksinya. 

Jika Anda ingin menggunakan Hard Cover, kertas pelapis dari Hard Cover itu juga memiliki harga yang berbeda-beda.

Cover Penyangga bagian Belakang Kalender Meja
Jika Anda menggunakan Kertas yang memiliki Texture maka Anda akan menambahkan kocek yang lebih dalam lagi. Akan tetapi kertas yang bertexture akan memiliki kesan yang sangat baik untuk penerimanya. 

Karena kertas texture ini akan memiliki kesan yang ekslusif pada Kalender meja Anda yang akan Anda berikan kepada kolega-kolega Anda. 

Tipis tebal Hard Board-nya pun bervariasi, ada yang memiliki ketebalan 1 mm, 2 mm, sampai dengan  4 mm. Silahkan Anda membayangkan, semua itu akan berkaitan dengan berapa halaman yang sudah Anda tentukan pada point diatas. 

Jika Anda menggunakan 6 halaman maka Anda bisa menggunakan Board yang tidak terlalu tebal, atau bahkan Anda bisa menggunakan Karton tebal saja tanpa harus menggunakan Hard Board. 

Lalu yang berikutnya, apakah bagian Hard Board ini akan Anda letakkan visual atau tidak. Ada beberapa Perusahaan yang meletakkan logonya kembali pada halaman belakang beserta informasi alamat dan no telpon beserta alamat websitenya. 

4. FINISHING (Jilid)

Jilid sudah hampir bisa dipastikan menggunakan Spiral. Namun itu pun ada pilihannya kembali. Banyaknya jumlah pemakaian kawat maka akan menambahkan biaya. Seperti contohnya diatas, hanya menggunakan 4 pada bagian kanan dan 4 juga pada bagian kiri. Atau ada juga yang menggunakan hanya 4 pada bagian kiri saja. 

Ingat ini akan sangat mempengaruhi kekuatan dari kalender itu sendiri. Jangan sampai Anda hanya mengejar harga yang minim akan tetapi baru saja kalender meja Anda dipasang oleh kolega Anda sudah berantakan Spiralnya. 

5. VISUAL IMAGE

Inilah Proses terakhir dari penentuan perencanaan Anda dalam hal pembuatan Agenda meja Anda. Anda bisa mendapatkan visual ini dengan cara : mengambil gambar digoogle, menggunakan jasa graphic Designer, menggunakan jasa fotografer dan designer. 

Sebelum Anda memilih salah satu cara untuk mendapatkan visualnya, ada baiknya Anda mulai merangkum yang diatas terlebih dahulu. Anda membutuhkan gambar Landscape atau Potrait, Anda membutuhkan berapa banyak gambar (6 atau 12), lalu Anda membutuhkan gambar untuk ukuran yang mana. 

Nah kalau udah semuanya dikumpulkan, barulah sekarang kita bicara tematik dari gambar atau konsep dari gambar. Ada baiknya pembuatan gambar untuk kalender ini dibuat memiliki kesan yang nantinya akan diterima oleh kolega Anda. Karena jika hanya gambar biasa yang tidak memiliki pesan apa-apa sangat disayangkan sekali. Material ini akan dipajang selama 1 tahun lamanya ditempat kepada siapa Anda memberikan. 

Contoh gambar Kalender duduk dari hasil dokumentasi kegiatan-kegiatan.

Contoh Visual Sosial Media Addict
Pengambilan Foto untuk Visual Kalender Rumah sakit
Pengambilan Foto untuk Visual Kalender Rumah sakit
Visual bisa berupa gambar dokumentasi pekerjaan kantor Anda, Foto-foto produk Perusahaan Anda, Activity Perusahaan Anda, ataupun yang tidak berhubungan dengan kantor Anda. Jika kita ingin membuat sebuah konsep untuk Visual Kalender yang tidak ada hubungannya dengan who am i, maka sebaiknya carilah tema-tema yang menarik. Contoh : Kebudayaan Negeri Kita, Social Strory, Landscape, dan yang lainnya. 

Nah jika setelah 5 hal tersebut sudah Anda lewati, maka saatnya sekarang yang terakhir Anda menyerahkannya kepada bagian Produksi atau ke Percetakan. Proses selanjutnya Anda tinggal menunggu hasil dari percetakan tersebut. 

Waktu yang yang ideal untuk membuat Kalender ini adalah : 

- September   : waktu yang ideal untuk Anda sudah harus menentukan budget kalender.
- Oktober       : Waktu yang ideal untuk Anda sudah merumumuskan konsep dari Kalender Anda. 
- Akhir Okt    : Pada akhir oktober Anda baiknya sudah mulai membuat Visual.
- November   :  Proses Final dari pembuatan Desain.
- Desember    : Proses pengerjaan produksi (pencetakan) Kalender Anda. 
- Januari        : Proses Distribusi Kalender Anda,

Nah, ternyata kalau sudah direncanakan harusnya prosesnya mudah dalam pembuatan material branding akhir tahun untuk perusahaan Anda maupun produk Anda. Sukses selalu untuk Perusahaan dan produk Anda. Salam Kreatif dari Kami selalu Fabian Studio. 



Fabian Studio -