Brosur, sebuah media yang memang selalu dipertanyakan penting dan tidaknya untuk sebuah Perusahaan.
Kalau kita melihat sejarahnya dari Brosur ini, pada awalnya memang brosur merupakan media yang mampu mempenetrasi calon konsumen kita. Tugas dari brosur ini memang masuk kedalam rumah-rumah untuk memperkenalkan produk kita kepada calon konsumen kita.
Brosur ini biasanya menggunakan bahan dasar kertas yang biasanya menggunakan bahan art papper, art carton, HVS berwarna, Hvs putih, dll.
Pada masanya sekarang brosur ini sering sekali bermasalah pada implementasinya. Kini kebanyakan yang menggunakan media ini yang menjadikan PR disetiap lingkungannya. Membagikan brosur kerumah-rumah dapat menimbulkan efek kotor pada rumah yang dibagikan.
Bila sehari ada 10 brosur yang ada dihalaman rumah kita, maka itu akan menjadi potensial menjadi sampah yang berarti dirumah kita.
Walaupun begitu, peran brosur masih tetap penting buat dunia promosi Anda. Kita bisa mengalihkan fungsinya dari promosi kepada edukasi yang memang diperlukan oleh konsumen kita.
Sebagai contoh bila kita kunjungi rumah sakit, kita pasti ingin mengetahui jadwal praktek dokter yang ada dirumah sakit tersebut. Berapa biaya kamar perhari bila kita rawat inap disana, dan informasi-informasi penting lainnya yang ingin kita dapatkan disana.
Adapun receptionist tidak selalu senggang waktunya, akan malas sekali jika kita mengantri di antrian receptionis hanya untuk menanyakan informasi tersbut. Setidaknya itulah peran brosur pada saat sekarang ini.
Kita sudah tidak bisa lagi memaksa orang untuk membaca apa yang mereka tidak mau baca. Menyebarkan brosur kerumah-rumah dirasa itu kegiatan promosi yang tidak efektif pada saat sekarang ini.
Kini waktunya brosur itu duduk manis ditempatnya, didalam sebuah ruangan dan diberikan rak khusus untuk brosur tersebut. Brosur lebih kearah informatif tentang produk ataupun edukasi yang dibutuhkan oleh konsumen kita pada saat mereka masuk kedalam tempat usaha kita.
Dengan begitu peran brosur tersebut dapat dirasa sangat bermanfaat bagi calon konsumen kita sendiri. Dan mereka akan membaca dengan senang hati karena mereka memang sangat membutuhkan informasi tersebut.
Kemarin kami mengunjungi store cake yang terkenal, dimana kami melihat brosur ditempatkan ditempat accrylic dan content didalamnya berisi tenang semua cake yang mereka buat. Disana juga ada bussines card mereka yang mereka letakkan didalam Accrylic tersendiri. Terlihat keren dan menarik, membuat orang ingin mengambilnya tanpa diminta.
Kebanyakan dari mereka (pengunjung) menunggu cake mereka jadi sambil membaca informasi yang ada didalam brosur tersebut. Yah setidaknya fungsi memang sudah bergeser bukan ?
Belum lagi kita kalau berjalan masuk kedalam sebuah Bank, banyak bukan brosur yang akan kita temui dipajang menggunakan Accrylic.
Jadi kesimpulannya brosurnya tetap masih penting hanya saja ada pergeseran fungsi seperti yang dijelaskan diatas.
Fabian Studio
All About Promotion Support