Apa yang menarik dari Packaging (kemasan) ini ?
Ketika
saya membeli sebuah kebab ini saya tertarik kepada bentuk kemasannya.
Diantara saingannya yang membuat sebuah kemasan biasa saja kini Kebab
yang satu ini mempunyai desain dan bentuk kemasan yang berbeda.
Jika
kita melihat secara visual ini tentu tidak terlihat dimana
perbedaannya, tetapi jika kita sudah membeli produk ini maka kita akan
melihat perbedaannya.
Yah
nampak perbedaannya adalah ada lidah yang menjulur pada bagian depan
yang diberi label tarik disini, begitu kita menarik bagian itu maka
kebab akan tertarik keluar. Ini lucu dan menarik.
Sebuah kemasan yang diproduksi dengan menggunakan bahan art carton 260 gr ini mempunyai desain yang lucu juga.
Pada
bagian belakang diberi tulisan yang agak besar "kalau baca tulisan ini,
tolong bilang sama yang disebelahnya ... kebabnya ueenaakk yaa..."
dengan aksen warna yang fun dan happy-happy joy joy lah pokoknya.
Lalu
diatas kanan pada bagian belakang diberi label MUI dan marketing award
2010 ini memberikan aware kepada konsumen yang mengkomunikasikan jangan
ragu ini aman dan kami sudah mempunyai pelanggan yang banyak dengan
ditandai marketing award ini.
Ada
lagi slogannya "satu tidak pernah cukup", ini mengundang orang untuk
menciptakan persepsi kalau memang makanan ini tidak pernah cukup satu.
Yah apapun itu saya rasa memang sudah selayaknya mereka memenangkan
award karena memang dari packagingnya saja sudah marketing banget.
Lalu
jika ingin melihat bagaimana proses tarik menarik itu bisa tercipta
anda bisa klik pada gambar karena saya memoto bagian dalamnya setelah
saya bongkar. Ini bisa menjadi satu pembicaraan yang menarik jika memang
hasil yang menarik seperti ini. Inilah yang disebut fungsi bisa
dimarketingkan. Bukan sekedar berfungsi sebagai pelapis makanannya saja
tapi si packaging bisa ikut mempromosikan diri untuk si makanan.
Efek
dari kemasan yang baik adalah dapat merepresentasikan produk yang
didalamnya menjadi baik, walaupun belum tentu baik. Ingat kesan pertama
harus menggoda selanjutnya terserah client anda, begitu bukan ?. Jadi
kembali lagi jika kita membuat sebuah kemasan yang penting terlindung
atau berdasarkan fungsi saja maka kesan menarik untuk orang lihat dan
baca brand anda akan pudar karena tidak terbantu dengan visual yang
baik.
Mudah - mudahan bisa menjadi informasi bagi pembaca blog saya. Salam kreatif untuk semua. selamat berkarya untuk usaha anda.
Artikel by.
Arie Fabian
Fabian Studio
All About Promotion Support