Pages

Sebuah Konpensasi Warteg Branding


Branding Activation dilakukan oleh sebuah perusahaan guna mendekatkan Brandnya kepada masyarakat. Banyak cara yang dilakukan oleh Perusahaan dalam melakukan kegiatan Promosi yang berjenis Brand Activation.

Salah satunya dari kegiatan Brand Activation itu adalah Warteg Branding. Seperti yang sudah kami kerjakan untuk client kami PT. Progresindo Kreasi untuk produk Kalbe Farma ini Entrostop.

Sebuah kegiatan Brand Activation ini dilakukan oleh Kalbe Farma lewat Agency yaitu, Havas Communication. Kami mengerjakan aktivitas dari Brand Activationnya Kalbe Farma ini dengan cara membranding Warteg. Kami diminta melakukan survei tentang lokasi warteg yang diinginkan oleh Client kami dengan spesifikasi warteg yang sudah mereka tentukan. 

Spesifikasi tersebut adalah : 
- Warteg dipinggir jalan besar
- Luas dari bangunan warteg itu lebih dari 3 x 3 meter
- Kalau dipasang Papan nama dapat terlihat dengan jelas
- Kendaraan yang lewat didepan papan namanya setidaknya satu menit 20 kendaraan
- Kalau bisa ditempat yang strategis

Kami melakukan survei dan mereferensikan beberapa warteg yang mereka inginkan. Lalu kami juga melakukan survei ulang bersama dari pihak Agency. Setelah ditinjau oleh Agency maka dipilihlah warteg yang ingin dibranding untuk Kalbe Farma ini. 

Setiap warteg pun diberikan dana konpensasi oleh Pihak Agency. Selain dana pihak Agency juga mengadakan beberapa barang sebagai berikut :

Yang akan diberikan kepada warteg itu adalah : 

- Uang 1 jt - 1,5 jt sebagai konpensasi branding 
- Tempat dicat warna brand Enstrostop  (Merah - oranye - kuning)
- Lalu dipasang Shop Blind 
- Diberikan Papan Menu 
- Diberikan papan nama 
- Warteg diberi Tempat Tisu  (Accrylic) 
- Warteg diberi tempat sendok  (Accrylic) 
- Warteg diberi nomor meja  (Accrylic) 
- Dipasangi Poster
- Dipasangi taplak meja ( menggunakan Sticker Vynil seukuran meja )
- Diberikan Gelas yang ada logo Entrostopnya
- Mengurusi pajak papan nama

Sesudah itu lalu kami diberikan arahan beberapa warteg yang mereka setujui. Untuk produksi branding warteg sekaligus instalasinya menghabiskan waktu 7 hari kerja. Dalam waktu 7 hari kerja dapat dikerjakan 2 warteg sekaligus. 

Waktu pengerjaan warteg ini idealnya dilakukan sabtu dan minggu. Karena setelah berbincang dengan beberapa pengusaha warteg, penghasilan terendah mereka terdapat dihari Sabtu dan Minggu. Apalagi jika memang warteg tersebut didekat perkantoran, karena hampir bisa dipastikan hari sabtu dan minggu para pegawai kantoran libur. 

Paling tidak di Sabtu minggu hanya orang yang selewatan dan memang karyawan Security perusahaan-perusahaan perkantoran. 

Kendala yang dihadapi pada saat melakukan Brand Activation untuk Produk Entrostop ini adalah : 
  • Banyak pengusaha warteg yang tidak mau dibranding dengan produk ini karena identik dengan sakit perut, ditakutkan setelah dilakukan Branding orang tidak mau makan ditempat ini. 
  • Warna Oranyenya identik dengan warna yang kotor, ditakutkan itu tidak membuat mereka yang makan akan merasakan kenyamanan
  • Dana Konpensasi terlalu kecil, yang lucunya ada yang sampai minta untuk satu tahun 30 Juta. Kami Sontak bingung, dari mana angka itu bisa keluar. 
  • Terpasangnya logo Entrostop di Papan nama dengan skala yang lebih besar, mengakibatkan nama dari warteg itu tidak terlihat.
Tapi dengan beberapa kendala diatas, kami dapat meyakinkan bahwa semua itu belum tentu benar. dan kita mencoba memasukkan value Add nya kepada mereka dan akhirnya mereka setuju untuk dilakukan branding pada wartegnya. 

Pengalaman ini sungguh berharga untuk kedepannya jika memang ada yang ingin menggunakan jasa kami lagi untuk pengerjaan Brand Activation untuk sebuah Perusahaan. Karena buat kami kreatif itu memang harus dari semua lini termasuk dalam tahap pengerjaannya. 


All About Promotion Support