Pages

Sebuah Desain Kemasan yang Baik


Apa yang ada didalam benak Anda ketika Anda sedang memilih sebuah produk ?, yang pertama Anda lakukan pasti melihat Informasi pada kemasan tersebut. Kalau memang sudah terus teredukasi oleh iklan maka yang Anda lihat pertama kali adalah Logo dari produk tersebut. Lalu pertimbangan apa yang lainnya jika Anda memiliki produk dalam merencanakan pembuatan kemasannya, kami merangkum lewat infografik dibawah ini. 


Jika Anda memiliki produk dan ingin membuat sebuah perencanaan kemasannya, maka ada baiknya Anda memikirkan hal dibawah ini : 


Ada baiknya Anda melihat produk yang sejenis dengan Anda, jika memang Anda adalah satu-satunya produk yang tidak ada jenis lainnya lagi, maka Anda bisa memulai dengan langkah diatas. 

1. Nama Produk 

Ada baiknya Anda memikirkan dengan matang nama yang akan digunakan oleh produk Anda. Banyak yang tersesat dan gagal paham ketika sebuah produk memiliki nama yang agak jauh dari isinya. Cari nama yang keren tapi susah dipahami menurut kami tidak efisien dalam membuat sebuah perencanaan sebuah nama untuk produk Anda. 

2. Spesifikasi Produk 

Spesifikasi produk menjadi sangat penting ketika produk Anda memiiki pesaing yang luar biasa. Ke depankanlah keunikan dari produk Anda dibandingkan dengan yang lain. Kalau di Indonesia memberikan beberapa bonus kecil didalam produk dapat membuat nilai produk Anda semakin pertimbangkan oleh konsumen Anda. 

3. Komposisi Produk 

Hampir sama dengan spesifikasi, hanya saja komposisi ini sangat penting buat Anda yang memilki produk makanan. Di Indonesia menjadi sangat penting untuk beberapa konsumen. Karena ketika kita ingin membeli sebuah makanan tidak mengerti komposisi didalamnya, sudah pasti akan memberikan efek ragu dalam menentukan pilihan bagi konsumen Anda. 

4. Logo Produk 

Logo produk bisa bukan berarti dari logo perusahaan. Ketika kita mengetahui sebuah Brand besar UNILEVER memiliki banyak produk, maka produk mereka pun memiiki logo yang berbeda-beda. Sekali lagi kami sarankan, beri symbol pada logo Anda yang cepat ditangkap maknanya. Tidak sedikit logo pada produk hanya menggunakan font type saja dengan diberikan beberapa ornament pendukung sabagai penarik dari mata. 

4 elemen penting diatas harus matang didalam perencanaan Anda mengemas Desain Visual  untuk kemasan Anda. Karena salah Anda mengambil keputusan akan sangat sulit membuat materi pada sisi promosi dari produk Anda ini.


Setelah Anda sudah memutuskan kemasannya maka PR selanjutnya tinggal memasarkannya. Anda tinggal gunakan prinsip 4P (baca infographic fabian Studio) pada rumus dasar marketing dan seharusnya produk Anda sudah bisa Anda pasarkan. 

Jika Anda masih bingung juga dalam membuat sebuah perencanaan untuk Desain kemasan Produk Anda, maka Anda bisa menghubungi Studio Grafis yang menurut Anda bisa mengerjakan pembuatan sebuah Design untuk kemasan Anda. 





Fabian Studio -