Postingan ini sambungan dari postingan kedua untuk Media Luar ruang, dan ini adalah postingan yang terakhir dari Media luar ruang dan Jenisnya. Silahkan dilihat untuk sambungannya ...
7. Media Accrylic
Media Luar ruang yang satu ini terbilang agak banyak jenisnya. Media ini seperti namanya terbuat dari accrylic. Berbentuk seperti Frame atau bingkai foto, media ini biasanya dipasang disekitaran Mall dengan poster didalamnya.
Media ini seperti halnya poster karakteristiknya, Informatif, atraktif, bisa dilihat berulang kali, karena media ini mempunyai ukuran yang cukup besar. Ukuran dari Media ini biasanya 60 x 40 cm, 80 x 60 cm sampai dengan 90 x 60 cm.
Media ini memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan dengan poster. Karena memang kita tahu media ini memiliki pelindung yang terbuat dari Accrylic.
8. Mobil Branding
Mobil Branding ini salah satu media luar ruang yang sangat menarik. Karena biasanya media yang digunakan adalah mobil yang digunakan oleh sebuah perusahaan tertentu. Mobil branding salah satu media yang bisa dibilang atraktif dibandingkan dengan media luar ruang yang lainnya.
Jenis mobil yang bisa dibranding mulai dari mobil berjenis pribadi, mobil Box sampai dengan bus.
Perencanaan Design untuk membuat materi promosi luar ruang ini memang terbilang cukup tinggi tingkat kesulitannya. Karena design memang dibuat harus sesuai dengan lekukan dari mobil. Dan media promosi menggunakan mobil branding ini sangat dinamis, karena sifat dari mobil itu sendiri yang terus bergerak dari parkiran satu keparkiran yang lainnya.
9. Mural
Mural merupakan media promosi yang menggunakan media tembok-tembok yang berada dipinggir jalan. Media promosi luar ruang yang satu ini sangat memiliki nilai artistik yang sangat tinggi. Dimana dalam teknik pengerjaannya kita membutuhkan painter dalam membuatnya.
Kita bisa melihat contoh gambar diatas, dimana mural dilakukan untuk sebuah Provider handphone. Sebuah perencanaan yang matang juga perlu diperhatikan dalam pembuatan media promosi luar ruang yang satu ini. Dimana didalam implementasinya, mural bisa dikombinasikan dengan Sticker ataupun material yang lainnya.
Mural ini teknik pengerjaannya biasanya dilakukan pada malam hari. Dan memang harus menggunakan bahan campuran cat yang tahan lama. Karena memang mural ini langsung terkena panasnya matahari serta hujan.
10. Banner
Jenis material media luar ruang yang satu ini pasti sudah sangat familiar disekitaran Anda. Dimana sebuah gambar yang terpajang dengan rangka dibelakangnya. Ada beberapa jenis dalam katagori Banner ini seperti : X Banner, Y Banner, Roll Up Banner, dsb.
Untuk ukurannya sendiri untuk X Banner dan Y Banner ada dua ukuran, yaitu : 60 x 160 cm dan 45 x 25 cm. Untuk ukuran 45 x 25 cm ini biasanya disebut dengan mini banner. Sedangkan untuk Roll up banner biasanya menggunakan ukuran 60 x 160 cm atau 80 x 200 cm.
Media luar ruang yang satu ini juga sifatnya bisa dipindah-pindah sesuai dengan keinginan. Karena sifatnya bisa dipindah, maka letakkanlah material promosi ini ditempat yang pas dan kelihatan oleh para audiens Anda.
Untuk perencanaan Design karena areanya memanjang kebawah maka agak sulit menerapkan sebuah materi layout yang horizontal. Maka dari itu biasanya proses re-layout untuk materi banner ini memang agak sulit dilakukan.
11. Balon Udara
Media luar ruang yang satu ini terbilang salah satu media yang sudah cukup lama digunakan. Hanya saja di Indonesia masih sangat jarang digunakan.
Balon udara ini biasanya diikat pada gedung yang tinggi untuk menarik perhatian dari orang yang disekitarnya. Tidak banyak informasi detai yang disampaikan oleh media ini. Kebanyakan logo atau nama perusahaan yang dicantumkan didalam materi visual untuk jenis balon udara ini.
Yang harus diperhatikan untuk pembuatan materi promosi luar ruang balon udara ini adalah penempatan dari balon udara ini sendiri. Dimana tempat yang dipasang memang harus dapat menjangkau atau dapat terlihat oleh audiens Anda.
Agar media lebih efektif, usahakan design yang dibuat sesimple mungkin jangan terlalu ramai. Itu dimaksudkan agar mudah dimengerti oleh Audiens Anda.
12. Umbul-umbul
Media luar ruang yang terakhir Fabian Studio bahas adalah Umbul-umbul. Dimana umbul-umbul ini hampir memiliki fungsi seperti spanduk.
Umbul-umbul ini biasanya memiliki ukuran 90 x 300 cm, 120 x 300 cm dan sebagainya. Yang jelas area design hampir mirip dengan Banner, yaitu memanjang kebawah. Design untuk umbul-umbul ini pun biasanya juga simple.
Umbul-umbul ini biasanya berguna untuk sebuah Acara, launching acara property dan lain sebagainya. Tempat biasa untuk dipasang umbul-umbul ini biasanya dipinggir sepanjang jalan dari lokasi event atau pun jalanan yang strategis.
Fungsi utama dari materi promosi luar ruang ini adalah menguatkan sebuah brand atau meningkatkan awarness sebuah brand. Untuk jenisnya hampir sama dengan billboard, dimana biasanya ada sebuah perusahaan yang khusus menyewakan titik dan ada juga sebuah perusahaan yang mau membangun dari 0.
Demikianlah 12 mareri promosi untuk media luar ruang yang bisa Anda gunakan sebagai promosi dari Produk, Brand atau pun perusahaan Anda. Memilih media yang tepat menjadi kunci yang sangat penting untuk Anda memilih mana saja yang cocok untuk karakteristik Produk Anda.
Jika Anda menyukai postingan kami ini, silahkan Anda like pada halaman Fan Page Fb kami untuk mendapatkan informasi seputar dunia Promosi dari Fabian Studio.
Sukses dan maju untuk usaha Anda, salam kreatif dari Kami, Fabian Studio.