Media Luar Ruang merupakan salah satu media yang dibuat untuk melakukan Promosi pada suatu perusahaan. Media luar ruang ini sering juga disebut dengan Outdoor media. Dikatakan Luar ruang dikarenakan memang media ini terletak diruang yang terbuka. Lalu apa sajakah yang termasuk dari media luar ruang tersebut, mari simak artikel Fabian Studio berikut ini.
1. Poster
Media luar ruang yang pertama adalah Poster. Sering kita jumpai bukan, jika kita berjalan disisi jalan, maka kita sering jumpai Poster yang terpasang disetiap tembok jalan. Poster ini pada awalnya digunakan untuk sebuah informasi pertunjukan pada abad pertengahan 19, dan itu banyak dijumpai didaerah daratan Eropa.
Poster memiliki karakteristik media yang informatif, tidak diatur untuk dipindah-pindahkan, dapat dibaca berulang-ulang, mampu menjangau audiens yang banyak dan atraktif. Media ini dibuat biasanya untuk menyampaikan sebuah Informasi yang cukup jelas baik siapa, kapan dan dimana.
Penggunaan poster ini sendiri sekarang masih marak digunakan biasanya untuk sebuah Produk, Rokok, Produk kecantikan, atau digunakan untuk sosialisasi event. Poster ini biasanya dibuat dengan menggunakan Desain yang menarik agar mampu menarik perhatian orang yang disekitarnya untuk mendekat dan membaca.
Maka dari itu sebuah poster memang harus dibuat dengan perencanaan terutama pada bagian redaksionalnya. Kata-kata yang dikemas secara baik agar mampu tampil atraktif. Hindari membuat sebuah Desain untuk Media Poster ini yang ngejelimet (Ramai, baik warna maupun tulisan). Karena itu akan berdampak orang malas untuk membacanya.
Atur dari sisi keterbacaannya (Readable), dan pastikan Anda membuat harus memikirkan para audiens yang akan lalu lalang pada poster yang Anda buat. Jika memang Anda ingin menggunakan media Promosi berjenis poster ini, pastikan tempat Anda meletakkannya, jangan sampai diletakkan ditempat-tempat yang tidak diperbolehkan untuk dipasang poster tersebut. Karena jika tetap Anda melanggar, maka poster Anda besok sudah tidak bisa Anda lihat lagi (alias raib).
2. Easel
Hayooo, untuk media yang satu ini siapa yang tahu ?
Yup, gambar diatas adalah sebuah Easel yang biasanya Anda temui pada sebuah Restoran-restoran. Biasanya Easel ini diletakkan didepan resto mereka memang untuk memberikan informasi.
Media luar ruang yang satu ini memang unik dan menarik. Tidak selalu berbentuk papan tulis saja loh untuk media penyampai informasinya. Media ini dapat menimbulkan kesan tertentu bagi yang melihatnya. Dan media promosi Luar ruang yang satu ini terbilang cukup dinamis. Karena media ini bisa digeser, dipindah, diangkat dan digerakkan sesuai dengan tempat dimana kita ingin menempatkannya.
Beberapa hal yang harus difikirkan dengan baik jika Anda ingin menggunakan media ini, maka Anda harus meletakkan easel ini ditempat yang sekiranya memang dapat dilihat oleh banyak orang. Dan sekiranya Anda bisa membuat satu informasi yang jelas, singkat dan padat pada area bidang untuk materi promosi Easel ini.
Kata-kata yang terlalu banyak justru akan membuat audiens malas untuk membacanya, jadi berikan materi kalimat yang menarik. Biasanya Easel ini diletakkan disebuah tempat yang dilalu lalang-kan oleh banyak orang, jadi orang yang lalu lalang hampir bisa dipastikan tidak bisa berlama-lama ria dalam membaca pesan yang Anda tuliskan pada Easel ini.
Maka, buatlah satu materi yang menarik agar audiens yang melihat mampu memahami dalam waktu beberapa detik ketika dia memberikan perhatian pandangannya kepada materi Promosi Easel Anda.
3. Spanduk
Kalau Materi Promosi Luar Ruang yang satu ini, Fabian Studio fikir sudah tidak usah dijelaskan lagi bentuk dan penampakkannya. Karena Pemilu Presiden pun masih hangat (belum diputuskan pemenangnya), seharusnya kita sudah sering sekali melihat Materi Promosi Luar Ruang yang satu ini.
Kita bisa lihat contoh spanduk diatas, sengaja Fabian Studio tidak memilih gambar spanduk capres dan cawapres sebagai contoh, takut nanti disangka memihak, he he he. Spanduk ini adalah salah satu media Promosi Luar Ruang yang mulai rame digemari oleh beberapa kalangan, karena memang fungsinya hampir sama seperti billboard.
Berbeda dengan Billboard, biasanya untuk materi Promosi Luar Ruang yang satu ini tidak lebih lama berdiri dibandingkan dengan billboard. Karena biasanya spanduk dipasang membentang tanpa rangka, dan tanpa frame pelindung alias memang disengaja diikat atau digantungkan cara pemasangannya.
Bagi beberapa orang yang memasang materi spanduk ini terkadang tidak peduli akan ijin yang mana sebenarnya sebuah prosedur yang benar haruslah menggunakan ijin kepada Pemerintah setempat. Walau hanya dipasang untuk waktu 3 hari, 7 hari atau sehari sekalipun. Tapi terkadang pada saat prakteknya, media ini tidak berijin alias dicopot seketemunya satpol PP nya saja.
Media Luar ruang ini juga hampir sama karakteristiknya dengan Easel diatas. Orang yang melihat media luar ruang ini tidak akan dapat banyak waktu untuk mengerti pesan yang diberikan. Karena biasanya dipasang diatas, agak tinggi, dijalan dan itu akan sulit sekali meminta konsentrasi penuh dari para audiens yang melintasi spanduk tersebut.
Untuk Anda yang ingin atau berniat menggunakan materi Promosi luar ruang jenis Spanduk ini, perhatikan pada saat memasangnya. Jangan terlalu rendah jika Anda membentangkan pada sebuah jalan, karena sangat dikhawatirkan akan tersangkut pada mobil yang berjenis besar seperti, truck, tronton dan sebagainya.
Untuk pembuatan materi Desain media luar ruang ini, diperhatikan dengan benar masalah besar kecil huruf yang akan ditampilkan pada spanduk ini. Jangan sampai terlalu kecil, karena resikonya akan tidak terbaca oleh para audiens Anda.
Juga materi yang akan disampaikan jangan terlalu ramai kayak pasar. Itu akan membuat orang tidak minat membaca sama sekali. Tentukan mana yang akan Anda fokuskan untuk sampai kepada orang yang melintas, beri tegas dan jelas headline yang akan Anda pasang.
Fabian Studio -