Titik kejenuhan dalam bekerja terkadang membawa emosi jiwa ingin berusaha. Ingin mencoba mandiri dan menekuninya hingga usaha tersebut besar nantinya.
Dalam hal ini kami ingin mencoba membantu permasalahan Anda, minimal Anda akan mencoba menghitung budget dalam membuat perencanaan promosi untuk sebuah usaha.
1. Membuat LOGO Usaha Anda.
Membuat Logo usaha tentunya bukan perkara yang harus dibuat pada akhir perencanaan. Ada baiknya logo dibuat pada saat awal membangun usaha. Karena semua turunan Visual yang akan Anda buat tergantung dari logo yang Anda miliki.
Usahakan Anda mencari konsultan Grafis yang memang bisa membuatkan Anda logo sampai dengan penggunaan tema sampai dengan tempat usaha Anda nantinya. Logo yang dibuat nantinya akan menjadi semangat dasar usaha Anda dan seharusnya jika Anda seorang owner dari usaha Anda sendiri akan kembali bergairah ketika melihat logo usaha Anda.
Penggunaan warna, ornament, elemen, dan corak pada tempat usaha Anda akan menjadi satu paketan dari pembuatan logo tadi. Kita tahu seperti sebuah tempat nongkrong yang sekarang digemari (seven eleven), mulai dari interior sampai exterior mereka memiliki satu konsep dengan logo.
Dimana mereka berada (Indonesia maupun luar Indoenesia) maka Desain yang mereka gunakan untuk Store mereka akan seperti ini wujudnya. Ini agar dapat menunjukkan diferensiasi awal secara visual untuk tampilan usaha mereka.
Hijau, Oranye dan merah selalu menghiasi store mereka. Ini yang dinamakan Branding untuk sebuah Usaha dimulai dari store mereka sendiri. Bukankah 50 Store mereka jika dihiasi ini secara konstan bisa menggantikan fungsi billboard yang dibayar satu kali ?
Dan para konsumen Anda pun akan nyaman berbelanja dari store yang ada di Utara Jakarta sampai dengan Store mereka yang ada di Selatan Jakarta.
Kalau memang Anda baru niat buka satu store yah apa salahnya memang sudah dibuatkan juklak (petunjuk Pelaksanaan) dalam setiap pembangunan dari cabang usaha Anda nantinya.
Jangan pernah sekali-kali bicara "ah, itu nanti aja kalau udah gede", kenapa ada pembicaraan itu ? apakah Anda niat membuka usaha ingin kecil terus ?
2. Coorporate Identity
Coorporate Identity antar usaha memiliki perbedaan. Jika kita bicara usaha untuk pelayanan kamar peristirahatan (Hotel) maka Id Coorporatenya akan berbeda bagi Anda yang ingin membuka usaha Makanan.
Untuk sebuah usaha Hotel sangat memerlukan koresponden untuk melakukan hubungan kerjasama kepada clientnnya. Dan ada beberapa tempat makan yang hampir tidak melakukan hubungan surat menyurat untuk clientnya.
Makanya ini harus direncanakan dengan benar pada saat pembuatan logo untuk usaha Anda. Konsultasikan dengan bijak kepada biro grafis yang Anda percayai untuk pembuatan Id Coorporate ini.
3. Visual Stationary
Selain ID Coorporate perihal selanjutnya ada Visual Stationary. Lagi-lagi ini adalah turunan logo Anda, dimana jika Anda membuat logo kepada para konsultan Grafis yang benar, maka Anda akan diarahkan sampai dengan kesini.
Untuk Hotel contohnya, Visual Stationary ini bisa berupa Notes, Tatakan gelas, sampai dengan gelas, Ballpoint, dll. Stationary print ini memang sangat penting Anda fikirkan diawal.
Sticker hijau, orange dan merah juga merupakan bagian dari Stationary print yang di eksekusi oleh Sevel Eleven untuk menguatkan Brandingnya. Pada bagian Fixture didalam Sevel sendiri juga kita akan melihat satu kesatuan dari warna itu sendiri.
4. Papan Nama Usaha Anda
Jangan lupa untuk membuat papan nama untuk Usaha Anda. Ada beberapa macam model dalam pembuatan Papan nama untuk usaha Anda.
Kalau yang satu ini Anda harus konsultasikan kepada orang produksi dan biro grafis yang Anda percaya menangani usaha Anda. Yang enak memang Biro Grafis yang Anda pilih mengerti akan implementasi produksi atau memang bisa sekalian produksi, jadi Anda akan lebih mudah mengkoordinasikannya, alias satu pintu.
5. Stationary Print
Brosur, Flyer, dan lainnya bisa Anda cetak sebagai media promosi yang lumayan membantu. Asal Anda tahu kemana Anda akan menyebarkannya. Buat brosur Edukasi untuk konsumen Anda. Buat Brosur tentang pengetahuan produk Anda, dsb.
Seragam untuk usaha Anda banyak yang tidak menganggap penting. Padahal dengan adanya seragam maka kita bisa membuat lebih nyaman para konsumen Anda. Buat seragam yang baik, dan buat SOP tentang kerapihan kepada karyawan-karyawan Anda.
Selain Visual perhatikan juga penciuman. Rapih dan wangi membuat para konsumen betah berlama-lama ria ditempat usaha Anda. Kami sering sekali melihat sebuah usaha retail yang mana mereka memang menggunakan seragam, tapi kalau mereka menghampiri kita untuk melayani membuat kita tidak nyaman.
7. Interior Desain Usaha Anda
Bagaimana kalau ruang tunggu kantor Anda dibuat seperti diatas ?
Menyenangkan bukan ?
Itulah kenapa memang dibutuhkan Interior Desain dalam pembuatan perencanaan usaha Anda. Pemilihan Furniture bisa disamakan dengan warna Perusahaan Anda, pemilihan warna dinding bisa dipadupadankan dengan warna Perusahaan Anda.
Jadi semua bisa memiliki satu konsep yang kuat dalam pembuatan visual untuk usaha Anda. Visual yang baik dapat membuat konsumen Anda menjadi nayaman untuk menentukan sikap membeli. Maka setidaknya mereka (konsumen) akan melihat keseriusan Anda dalam membangun usaha, dan mereka bisa lebih mudah percaya kepada Anda dalam menentukan keputusan untuk bertransaksi kepada Anda.
Kalau Anda meletakkan Promosi dibagian akhir anggaran Anda, maka biasanya semuanya tidak bisa terwujud dengan sempurna. Dan biasanya ini memang sering tertukar bagi mereka yang baru ingin mencoba dalam berwira usaha.
Kami senang membantu Anda, dan kami juga sangat senang melihat usaha Anda menjadi besar dan maju. Karena kami memang ingin selalu menempatkan diri dalam sebuah usaha yang terus berevolusi untuk kemajuan bidang promosi Anda.
Semoga Usaha Anda lancar selalu ............
All About Promotion Support