Pages

Perubahan Perilaku Konsumen


Jika kita lihat pada saat sekarang, perubahan pada perlilaku konsumen saat ini sangatlah drastis. Khususnya di Ibukota Jakarta sekarang ini. Pada saat sekarang orang ingin datang ketempat makan bukan lagi hanya ingin makan, akan tetapi mereka membutuhkan experience yang lainnya selain kenyang. 

Sekarang adanya fasilitas mainan anak pada sebuah tempat makan merupakan hal yang hampir tidak bisa dipungkiri lagi. Dimana akhirnya mereka (para konsumen) dapat membeli makan dan sekaligus dapat memberikan hiburan kepada anaknya. 

Mungkin mindset para konsumen sudah terbangun oleh material promosi yang berbunyi "Beli satu dapat dua", "Beli dua dapat tiga", dst. Kalau rasanya hanya sekedar mengenyangkan perut saja tanpa dapat fasilitas yang lainnya gak "NONJOK" rasanya. 

Tapi perubahan itu memang sudah terjadi masal, dan tidak bisa dihindari lagi. Mau tidak mau sekarang memang harus ada perubahan juga dari lini para pengusaha khususnya dibidang retail untuk berinovasi dalam hal memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumennya. Dulu kita bisa lihat dimana satu tempat makan penuh sekali orang yang datang, karena makanan yang ada ditempat itu sangatlah khas dan tidak bisa dijumpai (rasa yang sama) ditempat lainnya. 

Sekalipun itu adanya (tempat makan) diluar kota, maka para konsumen akan tetap mengejar sampai kesana. Dan kalau kita lihat sesampainya disana, tempatnya hanyalah sederhana, dan memang rasa dari makanan yang mereka berikan khas sekali daerah itu. Akan tetapi bagaimana dengan kondisi sekarang ? 

Yup, benar sekali, sekarang sudah tidak bisa kita bertumpu kepada rasa dari makanan itu sendiri. Karena seperti yang kita lihat sekarang, yang namanya sotomie bogor di Jakarta sudah banyak, yang namanya mie kocok Bandung, di Jakarta pun sudah banyak sekali. Jadi perilaku migrasi kota hanya untuk mengejar makanan hampir tidak terjadi lagi pada saat sekarang, kecuali dalam fase ngidam yah, he he he he .... 

Ada baiknya kita melihat kepada usaha yang kita bangun sekarang ini, sudahkah kita berinovasi dalam mengembangkan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda ? 

Jika belum maka rencanakanlah segera, atau jika sudah siap dengan perencanaan maka eksekusilah dengan segera. Karena tempat Anda akan terlihat usang ketika masih terlihat konvensional yang tidak memberikan fasilitas tambahan kepada konsumen Anda. 

Sekarang ini kalau saya bilang konsumen tidak lagi menjadi Raja, akan tetapi sudah berlaku diatas raja. Karena sekarang bila konsumen tidak puas maka mereka akan langsung menulis disosial media, dengan bercuit maka dalam hitungan detik sampailah berita tidak puas mereka kepada 1000 orang (Jika memiliki folower 1000 orang). 

Tunggu apa lagi ? 
Bergerak sekarang, kalau memang Anda ingin terus bertahan dalam mengembangkan usaha Anda. Evaluasi adalah tindakan yang tepat untuk terus dapat memberikan sebuah pelayanan yang maksimal kepada konsumen Anda. Berikan kemudahan dan fasilitas tambahan kepada mereka (konsumen Anda) dalam berbelanja ditempat Anda. 

Ada baiknya jangan menunggu konsumen Anda pindah kepda kompetitor Anda baru Anda mengevaluasi, sangat lebih baik kalau memang Anda bisa terus mengevaluasi akan pelayanan yang Anda sudah berikan kepada konsumen Anda.

Sukses terus untuk usaha Anda Sahabat Fabian. 



Artikel by.
Arie fabian | Fabian Studio





Fabian Studio 
All About Promotion Support