Selamat Sore sahabat Fabian Studio, semoga kesuksesan selalu menyertai Perusahaan atau Usaha yang Anda jalankan sekarang. Kali ini Fabian Studio ingin berbagi (share) permasalahan material promosi yang kecil tapi dahsyat ini. Dimana kita sering kali menyebut material promosi ini dengan nama Brosur.
Kenapa kecil tapi Dahsyat ?
Yah lihat saja apa yang diberikan oleh sebuah brosur sebagai penyampai informasi yang akurat (kalau memang semua perencanaannya benar). Sebuah brosur dapat memanjang lidahkan apa yang ingin disampaikan oleh sebuah Perusahaan kepada konsumen atau clientnnya.
Tapi nih sahabat, ada beberapa kejadian yang menurut Fabian Studio sendiri sangat menggemaskan. Ketika kami datang berkunjung kepada client kami untuk minta dibuatkan dalam hal pembuatan brosur (Desain), mereka tidak memiliki materinya sama sekali. Gemes gak ?
Menurut Fabian Studio sebuah Informasi yang akurat haruslah dibuat secara materinya oleh yang bersangkutan. Karena akan beda penyampaiannya ketika Fabian Studio sebagai pihak kedua dengan mereka yang dapat perspektif dalam sisi penyampaiannya.
Malah kadang ada juga client kami yang berdiskusi kepada kami, untuk minta dibuatkan sebuah penyampai informasi apapun mediumnya yang bisa dipegang (ini sudah pasti brosur, flyer, dkk) untuk menyampaikan informasi kepada client mereka.
Materinya Pak ?
Itu dia tolong juga carikan bahan yang bisa dijadikan materi untuk medium tadi. Ha ha ha ha .... Kalau dia sendiri tidak tahu apa yang mau disampaikan kenapa harus menyampaikan yah ?
Fabian Studio tentu tidak keberatan sama sekali untuk permintaan seperti ini, hanya saja jika sudah begini kan jadinya memakan biaya yang cukup lumayan besar untuk eksplorasi dan menganalisanya. Banyak faktor yang harus dilihat untuk bisa membuat satu informasi yang memang akhirnya dibutuhkan oleh konsumen mereka.
Bicara gampang kita semua tahulah, kalau resto pajang makanan, harga, dan keunggulannya, bicara rumah sakit kita bicara pelayanan, keunggulan, Dokter, dan sekitarnya, dan bicara masalah perbankan juga bicara masalah layanan, produk, dll.
Menurut Fabian Studio, jika memang tidak membawa manfaat tidak efisien itu diproduksi atau dibuat. Misalkan jika memang masih efektif penyampaian melalui tv plasma pada rumah sakit, menurut Fabian Studio Brosur tidak dibutuhkan lagi. Kecuali mungkin untuk Jadwal Dokter.
Jujur kalau kita mau lihat, brosur saat ini hanya bisa maksimal menyampaikan Informasi. Fungsi jualan didalam brosur itu sudah bisa dikatakan tidak menarik. Kita bisa lihat, setiap beberapa minggu orang alfa atau Indomaret menyampaikan informasi bahwa produk mereka turun loh harganya. Efektif ? menurut Fabian Studio masih cukup relevan kok.
Tapi lihat juga orang yang membagi-bagikan brosur ditengah jalan biasanya untuk motor, menurut Fabian Studio ini malah kurang efektif. Apalagi kita tahu yang mereka bagikan pastinya bukan informasi yang kita butuhkan melainkan itu sangat kental sekali dengan jualan (Hard Selling).
Ada baiknya kita sebagai pemilik dari Usaha kita sendiri sudah menyiapkan materi yang akan kita berikan kepada Designer ataupun studio kreatif yang akan kita ajak kerja sama.
Seperti kemarin, Fabian Studio dipanggil oleh salah satu sahabat kami, ternyata dia sekarang bekerja di BCA Insurance, meminta kami untuk membuatkan sebuah Desain untuk brosur yang bertujuan ingin memperkenalkan BCA Insurance.
Harapannya memberi infomasi kepada audience atau nasabah mereka, bahwa BCA sekarang memiliki Insurance yang bernama BCA Insurance, dan materinya sudah mereka siapkan dalam bentuk handout.
Kalau sudah begini sebenarnya kami bisa melakukan eksplorasi grafis yang mereka inginkan agar sesuai dengan pencapaian yang mereka mau. Ada bahan diskusi kenapa informasi tersebut ingin disampaikan oleh mereka. Ada bahan yang bisa kami jadikan landasan dalam hal pembuatan grafisnya, dan ada acuan kami dalam melakukan tindakan (kalau kata dokter mah itu tindakan).
Mereka menginginkan konsep yang simple dan elegan, mereka minta ditonjolkan warna coorporate mereka, mereka minta edukasi bisa diberikan secara maksimal. Dan mereka menyampaikan harapan-harapannya untuk apa brosur itu dibuat.
Dan untuk hasilnya Anda bisa lihat pada bagian portofolio Graphic Design kami tentunya. Dengan hal seperti ini menurut kami memang akan lebih efisien dalam hal proses dan implementasinya nanti. Dimana sebuah komunikasi memang harusnya bisa dibangun dari sebuah perencanaan.
Buatlah sebuah materi yang akan Anda sampaikan dalam sebuah perencaan pembuatan promosi Anda. Susunlah secara matang apa yang hendak Anda sampaikan kepada Audience Anda. Lalu setelah selesai membuat materi, diskusikan dengan orang yang memang biasa mengerjakan pembuatan material promosi, seperti contoh graphic designer freelance ataupun Sebuah Studio Desain.
Perananan grafis juga dapat menentukan dalam memberikan sebuah pengertian kepada para pembaca informasi yang Anda berikan. Jangan pernah berbicara, bahwa itukan cuma buat dibuang-buang saja, kalau memang menurut Anda gak meaning, mending saran dari Fabian Studio dipertimbangkan kembali lagi untuk dibuat.
Kita berkunjung ke sebuah rumah sakit besar seperti Pondok Indah, Siloam, dll, mereka tidak pernah membuat medium penyampai informasi mereka secara main-main. Karena mereka tidak pernah berfikir sama sekali bahwa itu akan dibuang. Menurut mereka informasi yan disampaikan itu terlalu penting untuk dibuang mediumnya.
Jadi ?
Kesimpulannya, tetap buat sebuah rencana untuk medium penyampai informasi Perusahaan Anda sekecil apapun itu. Kenapa tidak selalu dimaksimalkan dalam hal perencanaan pembuatannya, kenapa tidak difikirkan dengan baik, agar pesan Anda bisa sampai kepada para Audience Anda.
Sukses selalu yah untuk Anda, para sahabat Fabian Studio. Nantikan Artikel berikutnya dari kami agar bisa menambahkan gaya gedor untuk Promosi Perusahaan Anda. (AF)
Salam Kreatif,
All About Promotion Support