Pages

Kegunaan Animasi Sebagai Materi Promosi Perusahaan Anda


Apa sih kegunaan Animasi untuk Program Promosi ? masih banyak yang menanyakan ini kepada Fabian Studio beberapa waktu belakangan ini. Baiklah, Fabian Studio akan segera menjelaskan apa manfaat yang didapat dalam segi promosi untuk Video Animasi atau motion graphic. 

Sekarang coba kita lihat satu persatu manfaat dibawah ini : 

1. Video Produk

Ketika Anda berjalan kedalam sebuah Departemen Store, maka Anda akan melihat sebuah televisi yang diletakkan persis didekat produknya. 


Yah tidak lain dan tidak bukan video Animasi itu memang dibuat untuk menggoda konsumen agar tertarik kepada produk yang dibuat dengan video tersebut. Didalam Video ini biasanya menggunakan proses shooting dan element animasi lainnya untuk menyampaikan pesan secara Visual kepada Audiens-nya. 

Selain diletakkan pada Planogram, Video Produk ini juga bisa kita lihat pada booth pameran. Jika kita datang kesebuah pameran, maka didalam satu booth itu terkadang mereka meletakkan TV yang berguna untuk mendemonstrasikan Produk yang mereka pamerkan. 


2. Company Profile 

Kalau untuk yang satu ini mungkin sudah banyak yang mengerti tentunya. Dimana  Video ini memiiki fungsi memperkenalkan sebuah Perusahaan. Proses Shooting dan proses animasi dengan model motion graphic biasanya ikut berperan dalam menyampaikan pesan untuk para audiens yang akan Anda berikan. 

Video Company Profile ini biasanya lebih diminati oleh Audiens, karena memang sifatnya yang menarik apalagi dikemas dengan animasi yang bisa menyampaikan pesan dengan efektif. Mereka (Audiens) biasanya tidak seperti sedang ditawarkan melainkan mereka terasa seperti menonton sebuah Film tentang perusahaan Anda. Karena memang pada saat pembuatan Video Company Profile ini memang menggunakan Storyline yang artinya memang pasti ada garis cerita didalamnya.


3. TV Iklan 

Sesuai dengan namanya, TV iklan ini memang dibuat khusus untuk menayangkan iklan. Bedanya dengan demontrasi produk, TV Iklan ini biasanya dipasang ditempat-tempat ramai, seperti : Mall, Rumah Sakit, Hotel, dll. 

TV Iklan ini selain digunakan untuk memasang iklan, biasanya juga digunakan sebagai penyampai informasi didalam bentuk visual.


Untuk beberapa Perusahaan tertentu memiliki tingkat ke-efektifan yang tinggi dengan memasang Iklan pada jenis TV Iklan tersebut. 


4. Videotron 

Materi promosi lainnya yang menggunakan Animasi untuk Promosi adalah Videotron. Memiliki fungsi yang sama dengan Billboard, akan tetapi materi penyampai pesannya bukan Still Image melainkan Animasi. 


Ada beberapa Videotron yang memang menggunakan Audio sebagai perangsang mata untuk melihat. Untuk beberapa Perusahaan, promosi dengan menggunakan Videotron ini memang lebih menarik Audiens dibandingkan dengan Billboard. 


5. Sosial Media Promo

Youtube merupakan satu-satunya channel yang dikunjungi oleh banyak audiens. Maka dari itu tidak luput media ini menjadi pusat perhatian dimana material promosi diletakkan. Sudah banyak Perusahaan yang memberikan perhatian promosinya kepada media yang satu ini. 

Kita bisa melihat pada saat kita ingin melihat satu video didalam Youtube channel. Diawal sebelum kita ingin melihat apa yang kita ingin lihat, maka biasanya akan terputar iklan yang memang tidak bisa kita tolak. 

Dan materi visual animasi ini memang sangat dibutuhkan buat Anda yang memang ingin menggunakan promosi dengan menggunakan channel youtube ini. 

Selain diletakkan pada channel Youtube, sekarang seperti media Facebook dan Website Perusahaan Anda sudah sangat memungkinkan untuk Anda meletakkan content Video untuk Promosi Perusahaan ataupun Produk Anda. 


6. TV Commercial 

Materi yang satu ini juga sudah merupakan barang promosi yang baru. Karena sejak Televisi swasta sudah tidak menggunakan decoder lagi, maka Iklan telah masuk kedalam hampir disetiap televisi swasta.

TV Commercial ini adalah sebuah iklan yang ada pada media layar kaca Anda. Bentuk dan jenisnya sekarang ini sudah sangat bervariatif jenisnya. Animasi juga bisa digunakan untuk membuat TVC untuk Perusahaan ataupun produk Anda. 

Jenis promosi yang memiliki jangkauan yang cukup luas ini biasanya memang sangat efektif untuk menyampaikan pesan kepada audiens-nya. Karena satu kali tayang maka bisa dilihat oleh jutaan Audiens. 

Walaupun Sosial media lagi marak menyebarkan iklan yang berkonten video namun itu semua tidak semerta-merta dapat menggantikan Iklan yang berada didalam layar kaca Anda ini. Karena memang tetap saja untuk sebuah program televisi masih memiliki minat yang baik untuk Audiens-nya.

Bagaimana ? 
Sekarang sudah cukup jelas tentunya, dimana pembuatan materi promosi berbasis video ini memang sudah sedemikian maraknya dan bukan lagi menjadi barang mewah buat Anda yang memang ingin terus menancapkan eksistensi Anda kepada Audiens Anda.

Seiring dengan perkembangan teknologi maka buat Anda yang tidak ingin ketinggalan mengejar perhatian dari Audiens Anda, maka Anda memang harus segera memikirkan materi promosi dengan menggunakan Animasi seperti para kompetitor Anda.

Buatlah dengan content yang tepat dan materi yang memang menarik agar audiens Anda mampu memahami apa yang mau Anda sampaikan. Tidak terlalu panjang untuk durasinya merupakan hal yang memang harus difikirkan. Jadi dengan durasi yang tidak kurang dari 2 menit, Anda bisa menampilkan animasi perusahaan ataupun produk Anda dengan efektif. 

Sukses untuk Usaha Promosi Anda, salam kreatif dari Kami, Fabian Studio.








All About Promotion Suppport