Pages

Mengenal Media Promosi


Ada baiknya sekarang kita mengenal Media yang sering digunakan untuk promosi atau berkampanye (bukan kampanye Capres yah, tapi ini bicara mengenai Produk atau Perusahaan). Ada beberapa Media yang harus kita tahu pada saat sekarang ini, apa sajakah itu, mari kita lihat berikut ini. 

Perkembangan jaman lagi-lagi membawa perubahan bagi seputaran dunia promosi. Ada yang baru untuk sebuah media promosi maka ada juga yang lama pastinya. Masalah Positif dan Negatif kita sepakat tidak akan membahas itu, tapi sekarang kita lebih tepatnya ingin memberikan penjabaran tentang media promosi. Baik kita masuk kedalam bahasan pertama, yaitu : 


1. Media Cetak Konvensional

Dimana ini adalah sebuah media yang digunakan untuk promosi pertama kali. Item-item dari media cetak Konvensional tersebut seperti : Flyer, Pamflet, Brosur, Booklet, Kartu nama, dsb. Walaupun disebut dengan konvensional akan tetapi media ini masih banyak digunakan sebagai material promosi pada saat ini. 

Karena biar bagaimana pun menurut Fabian Studio, media ini masih ideal digunakan, walaupun sudah banyak yang meniggalkan sedikit demi sedikit.


2. Iklan Media Cetak 

Iklan media cetak ini juga terbilang masih banyak yang menggunakan. Iklan yang diletakkan didalam surat kabar, koran, tabloid, dsb. Iklan Media Cetak ini dipakai karena segementasi pembaca yang sama dengan target Audiens yang ingin dicapai. 

Iklan ini biasanya ditempatkan pada spot-spot tertentu yang dilewati pembaca, biasanya halaman pertama dan halaman terakhir. Ada juga iklan yang memang disediakan untuk sebuah kata-kata yang sering disebut dengan Iklan Baris. 

Karakteristik iklan ini adalah sirkulasinya luas dan segmentasi pembacanya juga jelas. Namun informasi yang dimuat tidak dapat bertahan lama karena terbatas dengan edisi-edisi dari terbitnya koran atau majalah tersebut. Kecuali kita memasang dalam jangka waktu yang lama, dan itu akan berbanding lurus dengan harga yang akan kita keluarkan. 


3. Media Luar Ruang 

Media luar ruang ini atau biasa yang sering disebut Outdoor merupakan media yang sering digunakan pada tempat terbuka atau umum. Dari pada iklan media cetak media ini memiliki jangka waktu yang lebih lama. 

Media-media luar ruang ini banyak jenisnya, sebagai contoh : Billboard, Banner, Spanduk, Papan Nama, Easel, umbul-umbul, poster, balon udara dan yang lainnya. Biasanya ada yang memang khusus menyewakan spot atau tempat dimana itu akan dipasangkan sebuah gambar, yang sering kita sebut dengan Billboard. 

Media luar ruang ini sering kali tidak dapat dipindahkan, untuk dibiarkan para audience untuk melihatnya. Dan media luar ruang ini tidak selalu berbicara tempatnya selalu diruang terbuka atau pinggir jalanan. Kita bisa melihat papan nama toko, jika tokonya tidak berada dipinggir jalan sekalipun itu tetap dibilang dengan media luar ruang. 


4. Media Online

Sebuah media yang terbilang sangat anyar alias baru ini sekarang mendominasi menjadi satu kebutuhan untuk para pengusaha. Kita pasti sudah bisa melihat keberadaannya disekitar kita. Terbilang satu media yang memang masih sangat menarik, dimana Internet sekarang menjadi tempat orang mencari segala macam informasi yang dibutuhkan oleh Audiens. 

Contoh dari Media Online itu sendiri adalah : Website, Web Banner, Forum Online, Media sosial, dll. 

Dengan media Online ini kita dimungkinkan melakukan promosi secara personal tanpa bertatap muka dengan orang tersebut. Sehingga sekarang banyak sekali perusahaan yang mengalihkan beberapa dana promosinya dengan menggunakan media ini. 


5. Broadcasting / TV Comercial

Selain cetak sekarang Broadcasting juga bisa digunakan sebagai media iklan. Salah satu contohnya adalah spot yang digunakan didalam layar kaca. Dimana material dari promosinya adalah Animasi, Motion graphic, Slideshow dan lainnya. 

Daya jelajah dari media promosi ini bisa dibilang cukup luas walaupun tidak seluas dari media online. Akan tetapi media ini masih bisa dibilang favorit dalam pembelanjaan media promosi oleh beberapa marketing Perusahaan besar. 


6. Media Promosi Lainnya

Ada media promosi lainnya yang tidak bisa dikatagorikan diatas. Media promosi ini bentuknya seperti aktivasi dari brand ataupun produk. Contoh media promosi lainnya adalah : Event/pameran, Balon Dancer, merchandise, dan lainnya. 


Jika dilihat dari 6 jenis media promosi yang ada, masing-masing perusahaan belum tentu sama dalam melakukan strategi promosinya. Masing-masing Perusahaan memiliki karakteristik sendiri-sendiri dalam mensasarkan segment audiens nya. 

Maka dari itu sangat penting mengerti akan produk Kita sesungguhnya dapat memudahkan kita menemukan gaya promosi yang tepat dan efisien. Anda bisa memilih sekarang, mana yang ingin Anda gunakan untuk media promosi Produk ataupun Perusahaan Anda. 

Sukses untuk Perusahaan Anda dan salam kreatif dari Kami, Fabian Studio. (AF)