Setiap perusahaan besar sekarang membutuhkan placement yang baik. Baik disini harusnya sudah sepakat dengan fungsi dan manfaat. Jadi kalau bicara placement itu billboard, ah itu mah sudah terlalu biasa. Kali ini Fabian Studio ingin memberikan sebuah placement yang original dan bisa tidak mustahil dilakukan.
Berangkat dari isu bahwa sampah masih tetap menjadi nomer satu buat Instansi yang terkait dengan tata kota. Dimana jika kita berada dijalan raya kita masih banyak sekali menemukan seorang pengendara yang membuang sampah pada saat berada dijalan raya.
Coba saja dilihat dalam kehidupan kita sehari-hari, dalam satu hari pasti saja kita akan menjumpai pemandangan diatas. Bahkan seperti sudah habis tenggang rasa para pengendara, ketika membuang sampah pada saat berkendara mengenai pengendara yang berada dibelakangnya.
Mudah-mudahan itu bukan dilakukan oleh para pembaca Artikelnya Fabian Studio yah, he he he.
Jerat hukum seolah-olah tidak membuat mereka jera, bahkan sangat jarang kita melihat orang yang membuang sampah pada saat berkendara dikenakan sangsi hukuman (pada kenyataannya). Padahal itu ada loh jerat hukumannya pada saat berkendara membuang sampah dijalan, tapi kenapa tidak pernah ada kasusnya yah ? (biarlah itu urusan yang berwenang saja yang memikirkan).
Dari isue diatas itulah kami memiliki ide sekalian bisa digunakan untuk placement yang bagus untuk digunakan.
Kami mengusulkan bagaimana kalau disetiap lampu merah diberikan tong sampah besar dan diberikan rambu dengan tulisan "Buanglah sampah pada tempatnya". Tong sampah memang harus terus terbuka dan dibersihkan setiap hari, karena hampir bisa dipastikan itu akan penuh setiap beberapa waktu.
Dan coba kita hitung saja berapa banyak lampu merah yang berada dijalanan, kalau mau disimulasikan untuk Ibukota dulu deh, sudah bisa dipastikan banyak dan lebih dari 100. Kalau memang ini bisa dibuat maka ada 100 placement yang bisa kita gunakan untuk campaign dan hampir bisa dipastikan itu sangat bermanfaat.
Dampak yang diharapkan :
Rambu dengan kalimat "Buanglah sampah pada tempatnya" bisa menjadi awarness terus menerus dan akhirnya tertanam didalam benak pengendara, jika ingin membuang sampah yang pada tempatnya.
Tong sampah yang diletakkan dilampu merah diharapkan saat menunggu pengendara bisa membuang sampah ditempat tersebut.
Dan yang pasti kalau sudah ada logo tertera ditong sampah ataupun dirambu yang tertulis "Buanglah sampah pada tempatnya" akan menjadi branding tersendiri dan bermanfaat menurut kami.
Pasang deh 1000 tempat sampah di Jakarta, dan menurut kami memang Jakartalah yang memiliki tingkat arogansi pengemudi yang besar (dalam pembuangan sampah). Jadi memang ini bisa diterapkan untuk Brand-brand besar yang memang memiliki program Branding Activation.
Dan kalau kami tidak salah juga, ini bisa masuk pada program CSR Perusahaan dalam mengimplementasikan ide segar kami.
Bagaimana, Kreatif bukan ?
dan tentunya bisa bermanfaat bagi seluruh komponennya. Pemprov. terbantukan dengan pemberian awarness, sampah dapat berkurang, dan tentunya akan baik dampaknya.
Tunggu ide-ide segar kami selanjutnya.