Pages

Kalender Meja Vs Kalender Dinding


Kalender merupakan material promosi yang selalu dicetak disetiap tahunnya. Memiliki fungsi yang dibutuhkan oleh Audiens dan untuk spot promosi sendiri kita bisa terpajang selama satu tahun lamanya. Entah itu produk kita, brand kita atau Perusahaan kita. Pertanyaannya kedua jenis ini, mana yang lebih murah ? simak postingan Fabian Studio berikut ini. 

Untuk kedua jenis (Kalender meja dan kalender dinding) memiliki karakteristik yang berbeda-beda sebenarnya. Kalau Kalender dinding lebih tepat dan sering dipajang untuk versi rumahan, sedangkan untuk kalender meja disasar untuk perkantoran.

Karena belum tentu orang yang kita berikan memiliki ruangan sendiri semuanya dikantor. Jadi kalender dinding biasanya untuk dikantor hanya dipajang beberapa buah, sedangkan untuk kalender meja sendiri bisa disetiap meja dari audiens kita. 

Untuk visual, kita memiliki keuntungan yang agak berlebih jika kita membuat kalender dinding. Karena ukurannya yang besar hampir menyerupai poster, membuat materi logo, produk atau apapun yang ingin kita letakkan bersamaan dengan kalender tersebut lebih outstand dibandingkan dengan kalender meja. 

Ukuran untuk kalender dinding biasanya memiliki macam-macam ukuran, biasanya mulai dari A3, A2 sampai A1. Sedangkan untuk kalender meja sendiri untuk ukuran biasanya maksimal menggunakan A5. 

Untuk permasalahan harga untuk kedua jenis kalender ini, kira-kira mana yang lebih mahal ? 


Sekarang kita intip material dari masing-masing jenis kalender ini dulu biar nanti Fabian Studio bisa lebih enak menjelaskannya. 

Untuk Material dari kalender duduk meliputi : 

- Kertas untuk bahan dari kalender (Art papper, art karton, dll)
- Hardboard untuk dudukan pada bagian belakang kalender
- Kertas Fancy Pelapis dari Hardboard 
- Jilid Spiral 
- Biaya Ongkos Cetak 

Sedangkan untuk Material Kalender duduk : 

- Kertas untuk bahan dari kalender (Art Papper, Art Karton, dll)
- Jilid Spiral/Kaleng
- Ongkos Cetak 

Kita bisa lihat kedua material diatas, untuk estimasi harga pembuatan kalender meja dan dinding Fabian Studio memberikan kesimpulan kepada Anda lebih mahal produksi Kalender meja. Terkesan lebih kecil, akan tetapi kenapa bisa lebih mahal ?

Itu dikarenakan kita kembali kepada material diatas, dimana sebuah kalender meja membutuhkan Hardboard untuk penyangga belakang agar kalender meja tersebut bisa berdiri. Untuk Hardboardnya sendiri terbilang harganya lebih mahal dari pada kertas yang digunakan untuk material kalender itu sendiri. 

Yang kedua, untuk kalender meja membutuhkan kertas fancy papper lagi untuk pelapis dari Hardboard. Karena sebenarnya hardboard itu berwarna cokelat dan sangat buruk sekali tampilannya jika kita tidak lapisi lagi dengan kertas Fancy Papper. 

Untuk kertas Fancy Pappernya sendiri harganya lebih mahal juga dari Kertas art papper maupun art karton. Kita bisa lihat dari dua hal tersebut, dan juga jangan lupa, untuk kalender meja ini sendiri memang terbilang ukurannya lebih kecil. Untuk biaya cetak semakin kecil tentunya semakin murah, setidaknya begitu yang ada didalam benak kita semua. 

Tapi ukuran A5 itu dibuat sebanyak maksimal 6 lembar dan itu 4/4 atau diprint depan dan belakang. Sedangkan untuk Kalender dinding sangat jarang sekali orang membuat perencanaan desain untuk sebuah kalender dinding 4/4. 

Jadi walaupun lebih kecil untuk Printnya dibutuhkan 12 kali print, sedangkan kalender dinding hanya membutuhkan 6 kali print atau 7 dengan cover paling banyak. 

Itu kenapa biaya pembuatan kalender meja lebih mahal dibandingkan dengan kalender dinding. Untuk hasil akhirnya pun kita bisa bedakan jadinya. Kalender Meja memiliki tingkat ekslusifitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan kalender dinding. Maka Fabian Studio bisa bilang, harga tidak akan pernah bisa dibohongi bukan ? 

Tentukan dengan bijak mana sesungguhnya yang perusahaan Anda butuhkan. Efektif merupakan jawaban harus didapat dikala memang Anda membuat material promosi untuk Perusahaan Anda. 

Sukses dan terus maju untuk Perusahaan Anda, salam kreatif dari kami, Fabian Studio.