Pages

Logorama Satir Dunia Korporat


Anda bisa bayangkan jika semua logo yang ada diseluruh antero jagat raya dikumpulkan untuk dijadikan sebuah Film Animasi.


Sebuah satir yang dipersembahkan oleh Fracois Alaux, Herve de Crey dan Ludovic Houplan melalui sebuah karya Film Animasi. Semua karakter yang berada didalam film ini merupakan perwujudan dari logo-logo terkenal.

Dari segi ide Film ini sangat menyindir tentang konsumerisme namun Logorama dapat membungkusnya dengan baik. Hingga akhirnya film animasi pendek ini pun mendapat penghargaan pada Academy Award.


Walau sempat dituntut oleh beberapa Perusahaan besar yang meng-klaim bahwa logo mereka dipakai tanpa ijin, namun Nicholas Schmerkin menjawab dengan santai "I have to thanks the 3000 non-official sponsors that appear in the film ..... "

H5 merupakan Studio Desain dari Logorama ini mengatakan bahwa film ini dibuat untuk menghibur tanpa ada maksud menyindir, namun sebuah adegan seakan berisi pesan mengejek ketika gedung IBM runtuh dan slogan "Solution for a mall planet" kehilangan huruf "s" pada kalimat "mall" mencerminkan pandangan bahwa dunia ini sudah berubah menjadi sebuah pusat perbelanjaan raksasa.

Setidaknya itulah sebuah kreatifitas yang indah berbalut pesan yang ingin disampaikan. Dimana keterbatasan bisa mereka lawan dengan berani menggunakan 3000 logo untuk dijadikan peran pada film Animasi mereka.

Karena itu Fabian Studio selalu katakan, memang terkadang kreatifitas itu bisa terlahir tanpa berfikir dengan benturan hukum, aturan, dan sebagainya. Jika memang Kita bisa menyampaikannya dengan pandangan yang positif maka seharusnya bisa diterima sebagai pesan yang positif.



Fabian Studio-